Bupati Siak : Masyarakat Petani Sawit Untuk Tidak Terlalu Khwatir Pelaksanaan Replanting

SIAK-RIAU, suaralira.com - Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si memberikan keyakinan kepada masyarakat petani sawit di Kabupaten Siak untuk tidak terlalu khawatir dengan pelaksanaan replanting pohon kelapa sawitnya. Pasalnya pemerintah tentu nanti tidak akan membiarkan ekonomi petani sawit selama masa proses replanting lemah, karena tidak ada sumber pendapatan.

Selama ini Pemerintah Kabupaten Siak dan tentu kedepannya Pemprov Riau juga akan turut andil membantu mengatasi kekhawatiran tersebut, melalui berbagai program usaha sela berdasarkan potensi lahan masing-masing.

“Adanya perencanaan pembangunan Pabrik Kelapa Sawit Rakyat (PKS-R) ini juga dalam rangka memberikan jaminan kepada para petani sawit sebagai salah satu upaya mempedulikan usaha hilirnya usaha perkebunan kelapa sawit,”  sebut Syamsuar pada acara Diskusi Tentang Integrasi Peremajaan Sawit Rakyat dan Pabrik Kelapa Sawit yang berlangsung di SIMR Kantor Bupati Siak pada Rabu (9/1/2019) lalu.

Ditambahkannya, saya sebagai Gubernur nantinya, tentu juga akan memperhatikan ini, sehingga masyarakat petani sawit yang ikut replanting memiliki usaha selama menjelang kebun kelapa sawitnya kembali menghasilkan.

“Sebagai Gubernur  nantinya, saya juga memiliki program untuk berupaya memperbanyak industri hilir kelapa sawit ini, termasuk turut membangun bio diesel B 20 dan lainnya, yang tentu ini juga akan semakin memicu harga sawit nanti bagus. Apalagi suatu saat kita bisa menghasilkan surpaktan dari hilir sawit ini, tentu akan semakin membuat masa depan usaha kebun kelapa sawit semakin menggembirakan,” kata Syamsuar.

Pada kesempatan tersebut Bupati diperkenalkan dengan hasil usaha salah satu kelompok tani kebun sawit di Kabupaten Siak, berupa buah pisang barangan seraya mencicipinya dan memperlihatkan kepada sekalian hadirin.

Hadir pada acara tersebut Ketua Gerakan Nelayan Tani Indonesia (GNTI), Prof. Rohmin Dahuri yang juga mantan menteri di zaman Presiden Gusdur dan Megawati. Tim ini datang membawa ide untuk membangun PKS-R di Siak dan mengekspos rencana tersebut dihadapan kelompok usaha petani sawit yang hadir pada kegiatan tersebut.

Disebutkan bahwa, PKS-R ini yang akan menjadi pengusahanya adalah para petani yang tergabung dalam corporation nantinya dengan semangat swadaya dan swadana.

Selain itu juga hadir Ketua DPRD Siak Indra Gunawan SE dan Kepala Dinas terkait, Drs. Budiman.

Rohimin menjelaskan, kehadiran timnya di sini adalah menjembatani petani untuk bisa bersinergi dengan program pemerintah saat ini terutama dalam mendapatkan hak bantuan secara gratis sebesar Rp25 juta/ KK dari Pemerintah Pusat jika kebun sawitnya di replanting yang tentunya sesuai dengan syarat dan ketentuan aturan mainnya.

Di kesempatan tersebut Rohimin juga berjanji akan menyampaikan keluhan tentang sertifikasi lahan kebun kelapa sawit masyarakat yang mengalami kesulitan dalam proses balik nama ke Pemerintahan Pusat.***(rls)