Penyelesaian pembuatan rabat beton di sepanjang jalan, Desa Sekumur, Kecamatan Sekerak, Aceh Tamiang, (photo) direkam, Minggu (14/07/2019)

Satgas TMMD Reguler 105 Percepat Penyelesaian Rabat Beton Di Kecamatan Sekerak

ACEH TAMIANG (NAD), Suaralira.com -- Tim Satgas TMMD Ke- 105 Reguler Kodim 0117/Atam, terlihat mempercepat penyelesaian pembuatan rabat beton  di sepanjang jalan, Desa Sekumur, Kecamatan Sekerak, Aceh Tamiang. 
 
Pekerjaan Rabat beton dengan besaran volume panjang 6 meter x lebar 2,5 meter dan tebal 0,23 meter saat ini dipercepat penyelesaiannya oleh Satgas TMMD Kodim 0117, dikarenakan kondisi cuaca yang tidak menentu.
 
" Komposisi yang digunakan dalam kontruksi beton,"menggunakan rumus 1 : 2 : 3 dengan perbandingan, semen : pasir : batu split ", ujar Serda Arif salah satu anggota Satgas TMMD terkait pekerjaan rabat beton tersebut, Minggu (14/07/2019) pada awak media
 
 
Namun, lanjutnya, untuk pemasangan bata trasram (bata yang di dalam tanah) atau pondasi, biasanya campurannya diubah menjadi 5 atau 6 : 1 dengan adonan kasar, karena air dari dalam tanah akan meresap ke dalam dinding, ungkapnya 
 
Menurut nya,  komposisi campuran  harus disesuaikan sesuai fungsi dan jenis bangunan, " untuk bangunan yang membutuhkan struktur khusus, maka campuran betonnya 1 : 1,5 : 2,5 ",  ujar Serda Arif sedikit membagi ilmu pertukangannya.
 
Sementara  dilokasi pekerjaan tampak juga Praka Rendy, anggota Satgas TMMD Reguler 105 Aceh Tamiang dari Batalyon Raider Khusus 111/KB Tualang Cut yang mempunyai keahlian bidang pertukangan dan bangunan.  Rendy  dikarenakan ke ahliannya,  menurut informasi dia sering di tugaskan dalam berbagai pekerjaan program TMMD.
 
 
Pantauan awak media dilapangan,  Praka Rendy dan Serda Arif bersama  masyarakat terlihat sedang mempercepat penyelesaian rabat beton yang juga menjadi salah satu target sasaran TMMD Reguler 105 di Kecamatan Sekerak, Kabupaten Aceh Tamiang.
 
Kolaborasi antara tukang dari TNI dan masyarakat dalam menyelesaikan pekerjaan,  terlihat sangat sinergi, sehingga diharapkan akan mempercepat setiap pekerjaan dalam program TMMD. (tarm / sl / pendim0117atam)