LESTARIKAN BUDAYA, PEMERINTAH DESA PANDANSARI GELAR KARNAVAL BERTEMA GOTONG ROYONG

PROBOLINGGO, Suaralira.com -- Pemerintah Desa (Pemdes) Pandansari, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo mengadakan karnaval dengan peserta warga desanya sendiri, Minggu (25/8/2019). 
 
Acara itu merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke 74.
 
Meski hanya lingkup desa, karnaval itu berlangsung sangat meriah dengan diikuti hampir seluruh warga desa yang berasal dari masing-masing RT. Warga tampak sangat antusias dengan berdandan sesuai adat desa dan kebiasaan sehari-hari.
 
Pantauan suaralira.com, acara ini diikuti oleh ribuan warga desa setempat. Setiap kelompok sedikitnya melibatkan sekitar 100 orang untuk ikut berdandan dan berperan sesuai dengan tema. 
 
“Ini antusias warga kami sangat luar biasa. Kegiatan ini kita mengangkat tema budaya desa yakni gotong royong,” terang Tiyarso Kepala Desa (Kades) pandansari.
 
Diantara peserta yang unik adalah yang mengangkat tema pendarat atau landang. Pendarat merupakan istilah di desa-desa yang ada di desa pandansari untuk membantu tetangga atau kerabat yang sedang punya hajat. Seperti halnya acara nikahan maupun khitanan.
 
“Selain tema tersebut ada juga peserta dengan tema gotong royong  yang merupakan tradisi bagi warga desa kami yang sampai saat ini masih sering berjalan.  
 
Istilah dari gotong royong membantu tetangga untuk saling membantu bila mana ada warga yang membutuhkan pertolangan dalam segala hal,” tambah Kades pandansari itu.
 
Karnaval semarak HUT RI ke 74 tahun itu diberangkatkan oleh muspika kecamatan sumber bersama dengan kepala desa beserta para peangakat desa.
 
Adapun rute karnaval ini melewati jalan kampung, sehingga tidak sampai menganggu akses jalan antar desa. 
 
Dengan adanya kegiatan bertema gotong royong itu diharapkan tradisi atau adat-adat di daerah pedesaan khususnya di Desa pandansari Kecamatan Sumber, masih tetap bisa dilestarikan.
 
Pasalnya, dengan adanya gotong royong, mampu meningkatkan kerukunan antar warga.
 
“Konsep kegiatan karnaval di dalam desa seperti ini bagus sekali. Karena dengan menggunakan jalan lingkungan tidak sampai mengganggu jalan umum yang biasanya ramai.
 
Acara kegiatan memperingati hari kemerdekaan republik indonesia yang ke 74 dan ia berjanji untuk tahun depan akan lebih meriah.
 
Hal ini karena ada kerja sama antara pemerintah desa dan masyarakat pada umum nya.
 
Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih kepada masyarakat pandansari yang telah berkontribusi atas sukses nya acara.ungkap tiyarso.***(sdr/sl)