Pelantikan 25 Anggota DPRD Kota Tebingtinggi Periode 2019-2024

Tebingtinggi  (Sumut), Suaralira.com -- Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Tebingtinggi yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Mhd Hazly Azhari, dalam rangka peresmian pemberhentian anggota DPRD 2014-2019 dan pelantikan anggota DPRD Kota Tebingtinggi 2019 - 2024.
 
Ketua Pengadilan Negeri Tebing Tinggi M Girsang melakukan pengambilan sumpah dan janji serta penyematan pin secara simbolis, dan penyerahan palu pimpinan serta buku memori jabatan dari pimpinan DPRD sebelumnya kepada Pimpinan sementara DPRD Kota Tebingtinggi Basyaruddin Nasution, (Partai Golkar ) dan HM Azar (Nasdem) priode 2019-2024.
 
Sambutan Gubernur Sumut yang dibacakan Wali Kota Tebingtinggi mengatakan "pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD merupakan amanat dari ketentuan peraturan perundang-undangan tentang Pemerintahan Daerah yang menyatakan anggota DPRD Kabupaten/Kota sebelum memangku jabatannya melakukan sumpah atau janji secara bersama-sama yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri dalam rapat paripurna".
 
Pemberian otonomi yang seluas-luasnya kepada daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat, melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat serta peningkatan daya saing daerah.
 
Karena pada hakikatnya otonomi daerah diberikan kepada rakyat sebagai satu kesatuan masyarakat hukum yang diberi kewenangan untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan yang dilakukan DPRD dan Kepala Daerah dengan dibantu oleh perangkat daerah.
 
DPRD dan kepala daerah berkedudukan sebagai unsur penyelengara pemerintahan daerah yang diberi mandat oleh rakyat untuk melaksanakan pemerintahan.
 
Gubernur Sumut berharap kepada DPRD dan KDH yang berkedudukan sebagai mitra sejajar namun mempunyai fungsi yang berbeda, dalam menjalankan kerjasama antara legislatif dan eksekutif, serta seluruh stackholder lainnya harus bersinergi dan tidak saling membawahi satu dengan lainnya.
 
Selanjutnya H Umar Zunaidi Hasibuan sebagai Wali Kota menyapaikan, atas nama Pemerintah Kota dan selaku Walikota Tebingtinggi mengucapkan terimakasih kepada seluruh pimpinan dan segenap anggota DPRD Tebingtinggi priode 2014-2019 yang telah menjalankan tugas dan fungsinya sebagai mitra pemerintahan dengan sebaik-baiknya.
 
Baik dalam bidang legislasi maupun pengawasan dan penganggaran selama lebih kurang 5 tahun, segala kerja keras dan pengabdian yang telah diberikan untuk kemajuan Kota Tebingtinggi, maka atas nama Pemko Tebingtinggi menyampaikan apresiasi dan  terimakasih.
 
Kami yakin yang telah mengakhiri jabatan 2014-2019 bahwa ladang pengabdian tidak hanya menjadi anggota dewan tapi bisa dibanyak tempat demi kepentingan nusa dan bangsa. 
 
Wali Kota juga mengucapkan terimakasih kepada KPU dan Bawaslu serta seluruh penyelenggara pemilihan umum, unsur Forkopimda, Kapolres Tebing Tinggi, Kajari Tebing Tinggi, Dandim 0204/DS dan jajarannya yang telah meyukseskan pemilu 2019 yang lalu dan berlangsung dengan baik dengan tingkat partisipasi yang cukup tinggi.
 
Hadir dalam kegiatan ini Wakil Walikota Tebing Tinggi, Unsur Forkopimda Kota Tebing Tinggi, Sekdako Tebing Tinggi, Ketua KPU dan Bawaslu Tebing Tinggi, Para Pimpinan OPD, Kepala Bagian, camat dan lurah se- Kota Tebing Tinggi. (Gabe/sl)