DPRD Sergai Beri Masukan Pada LKPJ Bupati Pada TA 2019

Sergai (Sumut), SuaraLira.com -- Bupati Sergai Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Serdang Bedagai Dengan Agenda Penyampaian Laporan Gabungan Komisi Hasil Pembahasan dan Rekomendasi DPRD Kabupaten Sergai terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati TA 2019, Hari/tanggal : Kamis, 30 April 2020 di Gedung DPRD Sergai
 
Turut Serta Hadir Mendampingi Bupati Yaitu Wakil Bupati H  Darma Wijaya Wakil Ketua DPRD Merlin Barus (memimpin rapat) Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai HM Faisal Hasrimy AP MAP, Para Wakil Ketua dan anggota DPRD, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat yang ikut berinteraksi lewat aplikasi Zoom.
 
Rapat paripurna ini dilaksanakan dengan 2 agenda Yaitu hAgenda pertama yaitu pembacaan Laporan Hasil Kegiatan Reses Anggota DPRD Sergai Masa Persidangan I Tahun 2020 disampaikan oleh para Juru Bicara Dapil I, James H Pangaribuan, Dapil II M. Khaidir SE, Dapil III Hj Susilawati, Dapil IV Nasir Damanik, dan Jubir Dapil V Defriaty Tamba.
 
Agenda ke-2 adalah penyampaian Laporan Gabungan Komisi Hasil Pembahasan dan Rekomendasi DPRD Kabupaten Sergai terhadap LKPJ Bupati TA 2019 oleh M. Khaidir SE dan Hotnauli Sinurat.
 
Dalam kedua agenda tersebut, masing-masing anggota DPRD memberikan evaluasi dan masukan lintas bidang bagi Pemkab Sergai atas kinerja yang telah dilakukan. Pada Agenda pertama, evaluasi dan masukan yang dirangkum antara lain terdiri dari bidang pembangunan infrastruktur, pertanian, keamanan, pendidikan, ekonomi, sektor pariwisata serta pemberdayaan masyarakat.
 
Di agenda ke-2, DPRD memberikan kritik dan masukan pada beberapa sektor terhadap LKPJ Bupati Sergai TA 2019 di antaranya Bidang lingkungan hidup perihal tempat pembuangan akhir sampah agar direlokasi karena sudah melebihi batas dan pengolahan limbah yang dibuat lebih aman serta tidak membahayakan masyarakat.
 
Menyoroti segelintir aparatur desa yang masih kurang memahami tugas pokok dan fungsinya ditambah dengan beberapa desa yang belum memiliki data kewilayahan khususnya desa yang berada di kawasan perkebunan maupun yang berada di daerah perbatasan dengan daerah lain.
 
Meminta agar dilakukan pelatihan SDM agar target pendataan wilayah dapat tercapai. Masukan DPRD juga diberikan pada bidang Pelayanan administrasi Capil, Pendataan Ormas dan LSM, Ketenagakerjaan, Perhubungan, Kelautan dan Perikanan serta beberapa bidang utama lainnya.
 
Wabup H Darma Wijaya saat menyampaikan sambutannya Mengatakan Jika di masa tiga tahun periode kepemimpinan Soekirman-Darma Wijaya, seluruh implementasi pencapaian agenda pembangunan daerah yang diraih merupakan hasil kerja bersama dan sinergitas dengan stakeholder, mulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, evaluasi hingga pelaporan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah.
 
Namun seluruh rekomendasi, kritik dan masukan yang disampaikan akan segera kami tindaklanjuti guna perbaikan di masa yang akan datang. Atas nama Pemkab Sergai, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada mitra kerja DPRD Kabupaten Sergai dan masyarakat yang telah bersama-sama mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.
 
Kita semua berharap proses pembangunan yang kita dukung bersama akan semakin mendekatkan pada visi dan misi kita yaitu menjadikan Kabupaten Sergai yang unggul inovatif dan berkelanjutan. (Darman S/sl)