Lomba Kreasi Tumpeng Dalam Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Probolinggo (Jatim), Suaralira.com --  Bertempat di yayasan Al Idrisiyah desa wringin anom kecamatan kuripan Kabupaten Probolinggo berlangsung dengan khidmad acara mauilid Nabi Muhammad SAW. 
 
Cinta perlu diungkapkan, meski tak harus diucapkan. Ada banyak cara untuk mengungkapkan rasa cinta. Di antaranya dengan membuat tumpeng hias. Hal ini pulalah yang dilakukan oleh para wali santri mulai dari tingkat RA sampai tingkat MA di yayasan  AL IDRISIYAH  saat mengikuti lomba tumpeng yang diadakan sekolah untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad saw 1442 Hijriyah, Senin (2/11/2020).
 
Unjuk kreativitas menghias tumpeng lengkap beserta sayur, lauk pauk dengan garnis sebagai penghias yang menjadikan tumpeng indah dan menarik menjadi penilaian penting dalam lomba tumpeng ini, selain juga kekompakan, kebersihan, serta cita rasanya. Bertindak sebagai dewan juri adalah dewan Guru.
 
Lomba menghias tumpeng kali ini diikuti oleh sekitar 70 wali santri, Semua wali santri atau wali murid ini berlomba secara sportif untuk meraih sebuah hadiah dari sekolah. Tampak keceriaan dan sukacita menghiasi wajah-wajah para peserta lomba sepanjang prosesi menghias tumpeng masing-masing. 
 
Setelah melalui penilaian dan pertimbangan yang cukup mendalam, akhirnya dewan juri memutuskan bahwa yang berhak meraih juara hanya di ambil empat peserta yaitu juara 1,2,3 dan harapan dari sekian peserta, adapun hadiah yang di siapkan oleh pihak yayasan beruapa Rp 200.000 bagi juara pertama, Rp 150.000 bagi juara ke 2, Rp 100.000 untuk juara ke 3 dan Rp 50 ribu untuk juara harapan.
 
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini memang difokuskan hanya pada satu kegiatan yaitu lomba menghias tumpeng. Lomba menghias tumpeng ini ternyata mampu menarik antusiasme para siswa. Mereka memberikan dukungan sepenuhnya terhadap tim masing-masing dengan unjuk kreativitas dan kekompakan sepanjang perlombaan ini digelar.
 
Kegiatan ini sengaja digelar untuk memberikan nuansa yang berbeda dalam peringatan Maulid Nabi. Kali ini, lomba menghias tumpeng menjadi satu-satunya pilihan. Salah satu alasannya, maulid Nabi sudah semestinya diperingati dengan penuh rasa syukur dan suka cita karena kelahiran Nabi Muhammad sholallohu ‘alaihi wassalam di dunia merupakan anugerah Allah yang luar biasa bagi umat manusia. 
 
Oleh karenanya, kegiatan ini menjadi begitu bernilai sebagai tanda rasa syukur dan cinta kepada junjungan umat manusia di dunia, Rasulullah Muhammad sholallohu ‘alaihi wassalam, tidak hanya bagi siswa tapi juga para guru, Moment perayaan ulang tahun di sekolah kita ini tentu saja bukan hanya sekedar sebuah perayaan untuk kesenangan belaka.
 
Namun lebih dari itu, perayaan ini merupakan salah satu bentuk refleksi diri atas apa yang telah terjadi di sekolah kita dari sejak pertama didirikan hingga sekarang ini menjadi sebuah sekolah yang difavoritkan. Kita jadikan perayaan ulang tahun ini sebagai salah satu bentuk instropseksi diri, untuk mewujudkan visi dan misi sekolah kita agar mampu menjadi salah satu sekolah yang diperhitungkan dalam dunia pendidikan yang semakin hari semakin memiliki tantangan yang berat. "Ungkap Abdur Rohman selaku pemangku kepala yayasan.
 
“Ya, sekarang Senin (2/11/2020) memang merupakan agenda besar acara peringatan maulid Nabi Muhammad sholallohu ‘alaihi wassalam yang diselenggarakan oleh yayasan Al Idrisiyah, Acara ini selain melibatkan para siswa dan juga merupakan kelanjutan rangkaian acara yaitu pembagian hadian dalam berbagai lomba keagamaan, kegiatan ini sekaligus juga sebagai ungkapan rasa syukur atas kehadiran Rasulullah sholallohu ‘alaihi wassalam yang telah membawa kita dari kegelapan menuju cahaya Islam, tanpa beliau kita tak mengenal dan memeluk Islam. "Pungkasnya. (sdr/kho/sl)