Rakerda LIRA Rohil Rekomendasikan Pilkada Jurdil Tahun 2020

BAGAN SIAPIAPI (ROHIL), Suaralira.com - Rapat Kerja (Rakerda) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kabupaten Rokan Hilir dijalankan sekaligus menyongsong Pilkada 2020, Sabtu (21/11/2020) di Hotel Kesuma, Bagan Siapi-api. Dimana dalam Rakerda bertema "Bersama kita sukseskan Pilkada Rohil 2020 yang Jurdil di Tengah Bencana Non Alam Covid 19".
 
Hanya ada satu Lumbung Informasi Rakyat disingkat LIRA, yakni jajaran hasil Munas II di Hotel Bidakara 2015 silam dengan terpilihnya Olies Datau secara aklamasi dan telah di SK kan oleh Pendiri LIRA serta melegalkan di Kemenkumham, "jelas Bupati LIRA Rokan Hilir, Rusli dalam Rakerda DPD LIRA Rohil 2020.
 
Dikatakannya, "kita bertukus lumus memposisikan organisasi atau perkumpulan LIRA di tengah-tengah masyarakat. Dimana LIRA sejak awal berdiri embrio blora center tersebut di gagas dan dikembangkan oleh Gubernur LIRA Riau, Munahar S Sos, bahkan beliau bagian dalam Blora Center perwakilan Provinsi Riau."
 
Ini sejarah, dan setiap perkumpulan itu memiliki proses dan perjalanan panjang hingga sampai saat ini kepemimpinan LIRA dipimpin Olies Datau setelah Munas ke II silam. 'Hanya Satu LIRA' yang terus menggeliat di tengah-tengah masyarakat dalam mengawal kebijakan pemerintah dan tetap kritis, "tutur Rusli.
 
Kepala Kesbangpol Kabupaten Rokan Hilir diwakili Kasubbid Ormas Kesbangpol Rokan Hilir, Dedi Saputra dalam sambutannya mengatakan, atas Lembaga Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) kepemimpinan Rusli sudah dicatat di Kesbangpol Rokan Hilir beberapa tahun lalu.
 
Dimana, selaku tugas dan fungsi Kesbangpol di Rohil, juga telah mendata dan mendatangi setiap ormas yang ada tercatat di Kesbangpol. Dalam hal ini, LIRA Kabupaten Rohil kita berikan apresiasi karena telah memiliki jaringan hingga seluruh kecamatan dan memiliki kantor tempat beraktivitas di Kabupaten Rokan Hilir, "jelasnya.
 
Diharapkan, kata Kepala Kesbangpol melalui Kasubbid Ormas, LIRA kedepan dalam mengahadapi Pilkada 2020 turut membantu mensosialisasikan kebijakan pemerintah tentang Pelaksanaan Pilkada, sebagaimana dalam bencana Covid-19 dengan mengedepankan protokol kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.
 
"Selain itu juga, kedepannya pihak Kesbangpol akan bersama DPD Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Rohil untuk turun bersama meninjau setiap DPK LIRA yang ada di Rohil. Jika berkenan bisa kita jalan ke setiap Paguyuban/Desa/Kelurahan, "tukasnya.
 
Sementara itu, Wakil Gubernur LIRA Indra Mayeldi mengatakan, sejak 14 Tahun lalu LIRA dilahirkan oleh putra-putra terbaik bangsa untuk mengawal merah putih. LIRA sudah menjalar hingga ke Kelurahan/Desa di Indonesia dengan wujud shadow of goverman.
 
Hingga kini LIRA terus mengembangkan potensi-potensi relawan dalam membantu Pemerintah. "Tidak gampang kita mendapatkan atribut LIRA tersebut, dan bagi yang terpilih, maka lakukanlah peran serta kurva tupoksinya, apalagi LIRA bergerak di berbagai bidang dan melakukan fungsi kontrol menuju pemerintahan yang bersih dan berwibawa," tuturnya singkat. (sl05)