Walikota Tebingtinggi : 'Dunia Pendidikan Harus Kompetitif'

Tebingtinggi (Sumut), Suaralira.com -- Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM mengatakan Dunia Pendidikan Harus Kompetitif. Hal itu ditegaskannya saat menerima kunjungan audiensi dan silahturahmi dari Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta (STAIS) Tebingtinggi Deli, Rabu (24/02), bertempat di Ruang Kerja Lantai IV Gedung Balai Kota.
 
Turut Hadir Kepala Dinas Pendidikan Idham Khalid, Kabag Kesra H Sahbana Hasibuan MM, Kabag Umum Fahmudin Siregar dan tim panitia wisuda STAIS sebanyak 4 orang dengan diketuai DR Muhammad Idris MA. 
 
Dalam audiensi tersebut, Walikota Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM, mengatakan bahwa kualitas pendidikan adalah wawasan dalam hal cara pandang. Cara berpikir menjadi lebih baik dari pada sebelumnya, berbicara memiliki alasan bukan karena emosi. 
 
"Oleh karena itu pendidikan mutlak diperlukan. Maka semakin tinggi pendidikan, semakin santun. Itulah pembentukan, gunanya Perguruan Tinggi tadi". Kata Walikota. 
 
Walikota mengatakan "karena kota Tebingtinggi ini termasuk kota jasa, pendidikan. Maka sebanyak kalau bisa, masuk semua pendidikan di Tebing. Daerah Malang 60 Perguruan Tinggi. Hidup kotanya. Oleh karena itu mereka bisa hidup. Perputaran uang anak Mahasiswa. Di Indonesia ada 3 kota. Malang, Jogja, Solo. Kota itu hidupnya dari Mahasiswa".
 
Lebih lanjut Walikota mengatakan "hal tentang UIN, pergi kita temui Universitas Sumatera Utara (USU), 3 bulan USU baru menjawab, kesulitan personil dan biaya operasional. Kita ke Kementerian Kesehatan, tak sanggup lagi sedang mengurus Covid-19. Pergi Kita ke UIN Sumatera Utara. UINSU menerima. Kalau eks gedung Akbid ini tidak digunakan, dikembalikan pada kita". 
 
Di dalam RPJM sudah dijelaskan bahwa Pemkab, Pemkot dan Provinsi tidak bisa mengelola Perguruan Tinggi, hanya kewenangan Perguruan Tinggi ada di pemerintah pusat. "Kota kita, kota yang akan ditinggalkan orang kalau tidak ada magnet. 
 
Kita pakai strategi untuk pendidikan kita kedepan. UIN ini terbaik di Sumatera. Saya berharap banyak orang yang ingin investasi di Kota Tebing Tinggi", harap Walikota. 
 
Ditambahkan Walikota "pertama, saya hanya ingin meninggalkan kenangan terbaik untuk Kota Tebing Tinggi, kedua, apa yang dijalankan amanah bagi saya, meningkatkan kualitas pendidikan di tebing, menjadikan kota kita, kota jasa dan kota pendidikan".
 
Setelah membahas tentang UINSU, Ketua Panitia Wisuda STAIS, DR Muhammad Idris MA mengatakan dalam audiensi ini, bahwa kunjungan STAIS ini untuk bersilahturahmi, sekaligus membahas peminjaman gedung untuk Wisuda dan mengundang Walikota untuk hadir memberikan bimbingan arahan sambutan dalam wisuda tersebut.
 
Ditambahkan Ketua Panitia, "Bahwa STAIS mendukung kehadiran UIN di Kota Tebing Tinggi ini, karena dosen STAIS pun ada yang alumni dari UIN" tutup Ketua Panitia.
 
Wisuda STAIS Tebing Tinggi Deli dijadwalkan akan dilaksanakan hari Sabtu, tanggal 20 Maret 2021, bertempat di Gedung Balai Pertemuan Kartini, dengan peserta Wisuda sebanyak 97 orang dan diperkirakan hadir mengikuti 350 orang. (Gabe/sl)