Wabup Inhu Pimpin Rapat Teknis Pelaksanaan APBD 2021 dan RKPD 2022

INHU, Suaralira.com -- Perlunya pencapaian percepatan Pembangunan Fisik Indragiri Hulu, Wakil Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Drs H Junaidi Rachmat MSi temu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar cepat melakukan upaya terhadap capaian fisik keuangan triwulan pertama APBD tahun 2021. Ini mengingat, laporan capaian fisik memasuki pertengahan bulan Juli belum memenuhi target.
 
Demikian disampaikan oleh Wabup Junaidi saat memimpin rapat teknis pelaksanaan APBD 2021 dan RKPD 2022, Senin (12/7/2021) di Ruang Thamsir Rahman, lantai 4 Kantor Bupati, yang dihadiri seluruh Asisten dan Kepala OPD, serta para camat se-Inhu.
 
"Secara umum, saya melihat capaian fisik kita hingga bulan Juli ini belum memenuhi target yang ditentukan dari pertemuan ini akan ada langkah-langkah dan solusi sehingga pelaksanaan APBD dapat terlaksana dengan baik," ujar Wabup.
 
Terkait realisasi kegiatan fisik, dalam rapat itu Junaidi juga menyoroti terkait capaian realisasi pendapatan yang belum memenuhi target "Karena dari target anggaran 2021 karena bulan Juli realisasi pendapatan baru mencapai 37 persen dari rencana nilai target yang ditetapkan," tegas Wabup.
 
Sementara laporan dari Kepala Badan Pendapatan Daerah Arif Fadillah, menjelaskan bahwa dari target rencana pendapatan awal sebesar 1,4 triliun terjadi beberapa kali perubahan sesuai ketentuan Peraturan Menteri Keuangan dan realisasi pendapatan yang belum sesuai target, belum lagi dipengaruhi dampak terjadinya pandemi ini tentunya keterlambatan penyampaian laporan terkait refocusing anggaran," tandasnya. 
 
Wabup Junaidi minta kepada OPD terkait utamanya Bapenda dan BPKAD dapat meningkatkan koordinasi dan bergerak cepat agar laporan refocusing anggaran dapat diserahkan sebelum tanggal batas akhir.
 
Setelah Usai rapat teknis pelaksanaan APBD 2021 dan RKPD 2022, Wakil Bupati Drs H Junaidi Rachmat MSi juga bertemu du Ruang Auditorium Yopi Arianto guna mengadakan temu ramah dengan kepala desa se-Kabupaten Indragiri Hulu dan memaparkan Rencana 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Indragiri Hulu. 
 
Acara tetap pada prokes ini dilaksanakan dalam dua sesi, yaitu sesi pertama dilaksanakan pada pukul 10.15 WIB dengan peserta Kepala Desa Dapil 1 dan Dapil 2, dan sesi kedua pukul 14.00 WIB dengan peserta  Kepala Desa Dapil 3 dan Dapil 4.
 
Wakil Bupati didampingi oleh Plt Asisten Pemerintahan Moch. Bayu Setiya Budiono SH, Plt Kadis Pemdes, Kadis kesehatan, Plt Kasat Pol PP, dan perwakilan kantor KPBD.
 
Rencana 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Indragiri Hulu diantaranya, Penanggulangan Bencana Covid-19, Pemulihan Ekonomi, dan Penataan Birokrasi Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu. Serta kepada kepala desa se-Kabupaten Indragiri Hulu untuk memberikan dukungan bagi pelaksanaan penyelenggara pemerintah Kabupaten, sinergikan berbagai program yang sudah dirancang di pemerintah ditindak lanjuti oleh camat.
 
Akhir acara Wakil Bupati Inhu menyerahkan hadiah kepada Pemenang Lomba Desa tingkat Kabupaten Inhu, yaitu juara Pertama Desa Petala Bumi Kec Seberida, juara Kedua Desa Tanah Datar Kec Rengat Barat, juara Ketiga Desa Seresam Kec Seberida, harapan satu Desa Talang Jerinjing kec Rengat Barat, harapan dua Desa Kulim Jaya Kec Lubuk Batu Jaya, dan harapan tiga Desa Sei Guntung Hilir kec Rengat. (pras/sl)