Ket Foto : Kepala Sekolah SMP N 7 Pekanbaru, Edison Malau S Pd

SMP N 7 Pekanbaru Melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)

Pekanbaru, Suaralira.com -- Asesmen Nasional merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah pada jenjang dasar dan menengah, tutur Edison Malau Kepala SMP NEGERI 7 Pekanbaru kepada awak media suaralira.com, Rabu (6/10) diruangannya.
 
Mutu satuan Pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (Literasi, Numerasi dan Karakter) serta kualitas proses belajar mengajar serta iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.
 
Lanjutnya Edison Malau mengatakan tujuan ANBK ini untuk menunjukan Pengembangan Kompetensi dan Karakter Murid dimana merupakan tujuan utama sekolah.
 
Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat guna memperbaiki kualitas belajar mengajar, sehingga bisa meningkatkan hasil belajar murid dan ini merupakan komponen pengganti Ujian Nasional.
 
Adapun murid yang ikut dalam ANBK bukan sekolah yang menentukan, itu pilihan secara acak dari data dapodik Kemendikbud. Kita sudah sampaikan kepada orang tua murid gunanya untuk pemetaan terhadap kualitas pendidikan dini secara nasional jadi tidak ada dampaknya terhadap siswa.
 
Pelaksanaan ANBK yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di SMPN 7 berjalan dengan lancar  sesuai SOP dan protokol kesehatan peserta hadir tepat waktu juga pengawas hadir sesuai waktu yang telah diatur.
 
ANBK ini dipantau oleh pengawas serta saya selaku Kepala Sekolah dimana kegiatan ANBK ini tidak boleh ditinggalkan, adapun pesertanya by berjumlah 45 orang dengan cadangan 5 orang seandainya ada yang tidak bisa ikut," tutupnya. (Jeff/sl)