Poltekes Kemenkes Padang Gelar Perlombaan NHPEO Poltekes Kemenkes Se-Indonesia

Padang(Sumbar)suaralira.com-National Health Polytecnic English Olympic (NHPEO)Tahun 2022 dengan tuan rumah kali ini Poltekes Kemenkes Padang merupakan perlombaan yang ketiga digelar Diknas kemenkes RI sesudah Jokyajarta tahun 2019,Makasar tahun 202,Sumbar tahun 2022,kegiatan ini digelar selama tiga hari mulai tanggal 22-25 Maret 2022 di hotel Pangeran Beach,selasa(22/3)dengan peserta sebanyak 34 Provinsi se-Indonesia.

National Health Politecnic English Olympiade (NHPEO) dibuka secara resmi oleh Direktur Poltekes Kemenkes Padang,Bapak Burhan muslim dengan peserta lomba sebanyak 38 Poltekes kemenkes Se-Indonesia, dan jumlah peserta 290 orang dengan Pendamping lebih kurang 300 orang.Ada sebanyak 6 Perlombaan seperti: Public Speaking Competition,Writing Competition, Debat Competition,Story Telling Competition, Poster Competition, Vlog Competition.Dari 6 kategori yang diperlombakan ada dua kategori yang melalui online yaitu,Poster Competition dan Vlag Competition,"Ungkap Burhan Muslim.

Cara penilaian tergantung banyak nya score untuk saat dikhususkan olympiade berbahasa inggris.Ada rencana nya nanti olympiade khusus tentang Perawat,olympyade kesling.Olympiade dengan sistem online sedang berlansung. Sedangkan olympiade Public speaking, Writing,Debat dan Story Telling itu dilaksanakan pada hari Rabu(23/3)dengan sistim paralel,jadi ada 10 kelas tempat lomba dan pakai sistim gugur dan final nya nanti tanggal (24/3),"Papar Burhan.

Peserta yang ikut lomba itu harus menjalani seleksi bagi yang lulus akan diikutkan untuk lomba,karena peserta dibiayai oleh kampus masing-masing yang tinggal nya cukup jauh dan peserta yang paling banyak berasal dari Jokyakarta yaitu 26 orang, sedangkan dari Padang sebanyak 11 orang,karena Jokyakarta menperoleh juara umum dalam perlombaan tahun kemaren(2021).

Bagi saya untuk mempromosikan daerah Sumbar tingkat kontribusi kita sebagai lembaga pendidikan yang ada di Sumbar kewajiban kita untuk mempromosikan Sumbar,apalagi setelah pandemi ini harus bangkit. Sekarang cukup banyak peserta yang datang pasti mereka punya kesan untuk belajar disini, "Ungkap Burhan.

Hari terakhir dari kegiatan kami akan mengajak para pesrta untuk kedaerah objek Pariwisata seperti Pagaruyung,Bukit tinggi,mudah-mudahan kegiatan ini ada manfaat nya dan berkompetisi dengan sehat. Dalam kompetisi ini para peserta dipungut biaya.Poltekes Padang nantinya akan mengadakan musabaqah tingkat perawat,kegiatan seperti ini dilaksanakan setiap tahun. Boleh jadi tahun depan kita sebagai tuan rumah untuk olympiade yang lain.Tantangan nya kita harus bisa mengelola kegiatan,kalau berhasil kita masih dipercaya lagi,"Ungkap Burhan. (Edril)