Resmikan Rumah Kebangsaan Cipayung Plus Riau, Irjen Iqbal: Gagasan Pak Jokowi Yang Dimotori Kapolri

Suaralira.com, PEKANBARU -- Rumah Kebangsaan Cipayung Plus Riau diresmikan Kapolda Irjen Moh Iqbal di anjungan Indragiri Hilir Purna MTQ Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Senin (15/8). Rumah Kebangsaan Cipayung Plus Riau itu diwujudkan atas kerjasama dan kolaborasi Mahasiswa Cipayung Plus bersama Polda Riau dan pemerintah  daerah, yang merupakan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta dimotori Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.
 
Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal mengatakan keberadaan Rumah Kebangsaan ini tak lepas dari dukungan Gubernur Riau Syamsuar. Awalnya, Iqbal menawari Syamsuar membangun Rumah Kebangsaan setelah menerima masukan dari kelompok Cipayung Plus Riau.
 
"Saya diajak diskusi oleh adik-adik Cipayung Plus, ini di Jakarta sudah mulai Rumah Kebangsaan, kami bagaimana? Saya bilang doakan saya ada waktu, insyaallah, Allah memberikan kemudahan. Saya komunikasi dengan Pak Gubernur, dan tidak pakai lama, beliau langsung setuju. Pak Gubernur bukan hanya memberikan izin, tetapi melihat substansi Rumah Kebangsaan ini," kata Iqbal dalam sambutannya.
 
Iqbal menyadari Indonesia merupakan negara gemah ripah loh jinawi, yang berarti kekayaan alam yang berlimpah. Indonesia memiliki kekayaan budaya, kuliner, dan memiliki agama yang beragam. Karena itu, mutlak bagi seluruh anak bangsa merawat persatuan.
 
"Ini adalah berkah dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, tetapi sekaligus tantangan bagi kita apabila tidak bisa mengelola keberagaman ini, kekayaan ini. Dapat menjadi polarisasi, menjadi suatu bencana, apalagi ke depan bonus demografi yang ada di republik ini sangat luar biasa. Adik adik kita ini adalah generasi yang sangat luar biasa dan energi mereka seakan tidak pernah putus, tidak pernah habis," jelasnya.
 
Karena itu, lanjut mantan Kapolda NTB tersebut, Pemerintah memberikan wadah dengan mendirikan Rumah Kebangsaan Cipayung Plus Riau.
 
"Karena itu, tepatlah gagasan Bapak Presiden tentang Cipayung Plus dan juga dimotori oleh Bapak Kapolri untuk menginisiasi Rumah Kebangsaan yang diisi Cipayung Plus yang ada di seluruh Indonesia. Alhamdulillah, hari ini, kami dijabah doanya oleh Allah SWT, dengan diresmikannya Rumah Kebangsaan Cipayung Plus Riau ini," jelas Iqbal.
 
Mantan Kadiv Humas Polri itu menitipkan kepada adik-adik Cipayung Plus Riau untuk mengisi Rumah Kebangsaan ini dengan kegiatan yang positif demi kemajuan bangsa dan negara.
 
"Adik-adik harus memberikan kontribusi positif bagi seluruh masyarakat Provinsi Riau," tandas dia.
 
Gubernur Riau Syamsuar mengatakan Rumah Kebangsaan ini sangat dibutuhkan daerah. Dia menambahkan Indonesia sedang menghadapi ketidakpastian dinamika global, sehingga peran pemuda sangat dibutuhkan agar membantu kemajuan Provinsi Riau.
 
"Memang menjadi semangat kita semua agar nantinya kalau ada hal-hal yang perlu kita diskusikan tentang kerja kami, dengan senang hati agar bisa kita atasi bersama," kata dia.
 
Sementara itu, Ketua PMII Riau-Kepri Abdul Rouf mengharapkan Forkopimda bisa menggandeng pemuda untuk membicarakan isu-isu terkini. Dia mengatakan pemuda Riau ingin berkontribusi membangun Bumi Lancang Kuning itu.
 
"Mudah-mudahan ini menjadi ikhtiar bersama untuk memajukan Riau khususnya, serta Indonesia pada umumnya menjadi garda terdepan," jelas dia.
 
Pada kegiatan peluncuran Rumah Kebangsaan ini, hadir Ketua DPRD Riau Yulisman dan Forkopimda Riau serta pimpinan organisasi mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus Riau. (Hms/J Manik/sl)