Rangka Mengantisipasi Penyakit PMK Babinsa Selalu Lakukan Pantauan Milik Warga Binaan

Suaralira.com, Indragiri Hulu (Riau) -- Guna mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Babinsa  Serda Eko Taufan Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu lakukan Pemantauan dan  pemeriksaan kesehatan hewan milik warga di Kelurahan Sekip Hilir, Kecamatan Rengat, Sabtu (24/9/2022).
 
Saat dihubungi oleh suaralira.com Serda Eko Taufan  mengatakan, kegiatan yang ia laksanakan bersama tim gabungan ini sebagai langkah pengawasan PMK jika ada yang menyerang hewan ternak. Seperti sapi dan kambing milik warga desa binaanya
 
Lebih lanjut diterangkan, pemeriksaan hewan ternak ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan PMK pada ternak milik warga dengan mengecek langsung di lokasi.
 
"Dari hasil pengawasan, dan pengecekan langsung, hewan ternak sapi dalam kondisi sehat dan tidak ditemukan adanya ternak dengan gejala PMK.
 
"Alhamdulillah kondisi hewan ternak sapi kondisinya sehat. Kami tetap berharap agar peternak tetap menjaga kebersihan hewan ternak serta kebersihan kandang sebagai salah satu upaya pencegahan agar terhindar dari PMK," ungkapnya.
 
"Berharap seluruh warga untuk tidak takut melaporkan kepada kami mengenai kondisi hewan jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan serta luka pada kuku. Sehingga bila ada ternak yang terkait PMK segara mendapat penanganan, "tutupnya. (P4as/sl)