Hindari Akan Penyebaran PMK, Babinsa Kontrol Kondisi Hewan Ternak Warga

Suaralira.com, Rengat (Riau) -- Mewaspadai akan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Babinsa Koramil 01/rengat, Kodim 0302/inhu Sertu Dedi iskandar cek kondisi ternak hewan ternak milik warga di Desa Sialang dua dahan, Kecamatan Rengat barat Kabupaten Inhu Senin (26/9/2022).
 
Sertu Dedi iskandar  kepada suaralira.com mengatakan pertemuan yang langsung temui Bapak Jufremi, warga RT 02 RW 04 Desa Sialang dua dahan yang memiliki hewan ternak sapi dilakukan pengecekan agar kondisi sapi tersebut sebagai antisipasi gejala akan tumbuhnya penyakit mulut dan kuku secara bisa ketahui. 
 
Dalam pengecekan hewan ternak ini Seru Dedi iskandar mengatakan, Kegiatan Ini merupakan salah satu upaya identifikasi serta pengendalian penyebaran penyakit kuku dan mulut (PMK) pada hewan ternak, "ucapnya. 
 
Ditambahkan Sertu Dedi iskandar  kepada pemilik hewan ternak sapi tersebut bahwa PMK sendiri merupakan penyakit hewan yang disebabkan oleh Apthovirus. Umumnya, penyakit ini menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau dan kambing.
 
Untuk lebih lanjut dirinya menerangkan, Secara umum, PMK menimbulkan beberapa gejala klinis yang sama. Berikut di antaranya kepincangan, air liur berlebih atau berbusa, lepuh di sekitar mulut, lidah, gusi, hewan terlihat lemah, sering berbaring, "paparnya
 
Dapat di ingat dan dicermati tambah sertu dedi dan selalu kita himbau kepada seluruh masyarakat yang memiliki hewan ternak khususnya sapi agar melakukan pengecekan secara rutin untuk mencegah penyakit PMK “Jika hewan ternak terindikasi penyakit segera laporkan ke Babinsa atau Bhabinkamtibmas dan instansi terkait, ”pesanya. (P4as/sl)