Koramil 01/Rengat Pantau Perkembangan PMK di Desa Binaan

Suaralira.com, Rengat (Riau) -- Babinsa Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu, Serma Sumarno melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial ( Komsos ) dan pemantauan kesehatan ternak Sapi Di Wilayah Desa Binaannya. 
 
Terkait wabah penyakit mulut dan kuku ( PMK ) serta Lumpy Skin Disease (LSD) yang dilakukan di kandang sapi milik Rianto di RT 02 RW 04 Dusun Benosari Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu, Minggu (25/3/23).
 
Di lapangan serma Sumarno kepada suaralira.com mengatakan, pemantauan dan memonitor setiap kegiatan yang ada di wilayah binaan sudah menjadi tugas sebagai Babinsa atau aparat teritorial melaksanakan komsos dengan warga yang ada di wilayah binaan. 
 
Kali ini juga Pantau  Langsung dengan Terjun Ke Lapangan untuk mengetahui Perkembangan Kasus Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ) Serta LSD yang tengah marak menjangkiti Hewan Ternak Masyarakat, "ujarnya.
 
Pemantauan tersebut,  Babinsa Desa Kuantan Babu Serma Sumarno juga memberikan himbauan kepada pemilik Hewan Ternak Sapi untuk menjaga kesehatan dan Kebersihan Kandang ternaknya agar terhindar dari penyakit PMK dan LSD serta melaksanakan pendataan.
 
“Dalam tugas seorang Babinsa dalam melaksanakan kegiatan pemantauan dan memonitor setiap kejadian atau kegiatan yang ada di wilayah desa binaan masing-masing. 
 
Dengan cara ini, kami bisa mengetahui setiap kegiatan atau kejadian serta ikut membantu apa yang menjadi kesulitan yang ada di masyarakat di Desa binaannya serta melaporkan ke Danramil dan Komando atas,” jelasnya.
 
Sementara pemilik ternak sapi, Rianto, mengatakan, bersyukur Sapi miliknya semuanya sehat dan sudah divaksin PMK  dari Dinas Peternakan Kabupaten Indragiri Hulu. “Terima kasih Pak Babinsa ikut membantu memonitor kondisi kesehatan ternak sapi saya, sambil pantau perkembangan kasus PMK dan LSD,” katanya. (p4as/sl)