Antisipasi Wabah PMK, Babinsa Koramil 01/Rengat Pantau Kesehatan Ternak Kambing Milik Warga

Suaralira.com, Rengat (Riau) -- Dalam rangka mewaspadai Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) pada hewan ternak, Koramil 01/Rengat melalui Babinsa  melakukan anjangsana berkunjung ke peternakan milik warga.
 
Pemantauan yang dilakukan oleh personil Koramil 01/Rengat tidak hanya pada ternak sapi saja, melainkan ternak Kambing warga juga tak luput dari kegiatan tersebut. 
 
Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 01/rengat, Sertu Rahmansyah  yang mendatangi kandang ternak Kambing milik warga binaannya Udin yang ada di desa Alang kepayang Kecamatan rengat barat, Rabu (5/04/2023).
 
"Mendatangi bagi Masyarakat yang memiliki hewan ternak. Kegiatan ini rutin di laksanakan sampai sudah tidak ada lagi hewan ternak seperti sapi dan kambing yang terkena penyakit PMK," ujar Danramil 01/Rengat, kapten inf  Hamdani Boy  Sitepu. 
 
Danramil juga menghimbau kepada warga maupun peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya serta mengantisipasi datangnya hewan ternak seperti sapi, kambing dan kerbau dari daerah lain, "himbaunya.
 
Jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh (lesi pada lidah).
 
“Untuk sementara dari hasil pengawasan, dan pengecekan langsung dari Babinsa serta petugas terkait lainnya untuk hewan ternak sapi semuanya dalam kondisi sehat dan belum ditemukan adanya tanda-tanda virus PMK,” tutup Danramil. (Pr4as/sl)