Plt. Kepala SDN 43 Pekanbaru, Hamida Yanis, S.Pd

SD Negeri 43 Ikuti Uji Coba Asesmen Nasional Berbasis Computer dan Ujian Sekolah

Suaralira.com, Pekanbaru — Hamida Yanis, SPd Plt Kepala SD Negeri 43 Pekanbaru menuturkan kepada awak Media suaralira.com Senin 15 Mei 2023 di ruangannya bahwa SDN 43 ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru untuk mengikuti Uji Coba Asesmen Nasional Berbasis Computer.

Asesmen nasional adalah sebuah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud. Asesmen Nasional tidak berperan sebagai pengganti Ujian Nasional (UN). Tetapi, program ini untuk siswa SD. 

Tujuan utamanya adalah mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengundang para pemangku kepentingan untuk memberikan masukan terhadap rencana penerapan Asesmen Nasional. 

Asesmen Nasional tidak hanya dirancang sebagai pengganti Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional, tetapi juga sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan. Kebetulan SDN 43 Pekanbaru ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. 

Peserta untuk Uji Coba ini terdiri 1 kepala sekolah, 15 siswa yang kita pilih dan 5 Guru kemudian teknisi sama proktor ada 3 orang di libatkan sebagai teknisi dan proktor karena ini bagian teknisi laptop komputer.

Uji Coba Asesmen Nasional ini juga diawasi dari kemendikbud Pusat dan Dinas Pendidikan Kota Pekanbari. "ujar Hamida.

Juga Kebetulan sekarang siswa sedang mengikuti Ujian Sekolah yang berjumlah 66 orang siswa dibagi dalam 4 kelas karena satu kelas untuk ujian 20 orang batasnya tidak boleh lebih. "Hamida menyampaikan bahwa semua siswa sebanyak 66 siswa hadir semuanya di hari pertama ujian ini.  

Semoga sampai akhir jadwal ujian Sabtu, 20/05 siswa hadir semuanya sehingga siswa juga dapat lulus 100%.

Sekaligus juga dapat meneruskan kejenjang tingkatan SMP Negeri yang diinginkan siswa dengan Nilai terbaik, "tutupnya. (Jheff/sl)