Pengerjaan Peningkatan Jalan Akses Menuju SDIT An-Nida Diduga Tidak Sesuai Dengan Bestek dan Spesifikasi

Lubuklinggau , suaralira.com - Pekerjaan Peningkatan akses jalan menuju SDIT An-nida Kelurahan Niken jaya, diduga dikerjakan tidak sesuai dengan perencanaan dan spesifikasi, terlihat dari pantauan awak media dilapangan pada Selasa (13/06/2023). Pengerjaan akses jalan tersebut diduga salah tempat.

Belum hitungan bulan selesai dikerjakan, jalan sudah terlihat pecah-pecah dan mengalami keretakan, serta ketebalan yang tidak merata, ada sebagian titik cor beton (ready mix concrete) yang terlihat tipis, serbukan semen serta pasir yang berhamburan menutupi jalan sehingga terkesan amburadul sehingga tidak indah untuk dilihat , patut diduga pekerjaan tersebut dikerjakan tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Berhasil diwawancarai awak media beberapa warga yang sedang berada di lokasi liputan berinisial "RE" dan "TN" keduanya menyampaikan memang benar pekerjaan peningkatan jalan tersebut baru sudah dikerjakan.

"Ya pak jalan nya baru dikerjakan, tapi kapan selesainya kami tidak tau hari apa, kalau tidak salah sekitar dua atau tiga minggu yang lalu"  kata RE dan TN.

Saat ditanyakan dimana papan proyek pekerjaan dipasang, dirinya menyampaikan bahwa22ari awal pengerjaan belum terlihat.

"Dari awal pekerjaan kami belum melihat papan proyek dimana dipasang, jadi kami tidak tahu berapa hari pengerjaannya dan berapa anggarannya" sebut RE dan TN dengan nada lantang.

Lebih lanjut ditanyakan mengenai kondisi pekerjaan peningkatan jalan cor beton (ready mix concrete) yang menggunakan uang negara, ia menyampaikan .

"kalau kami melihat kondisi jalan menunjukan rendahnya kualitas pembangunan, cor beton semen terlihat muda, terlihat sedikit menggunakan semen, secara kasat mata sudah ada retak, pecah, dengan dana miliaran jalan terlihat lebar seperti lapangan bukan seperti akses jalan yang menuju kesekola, tapi tidak tahu pengerjaan apa ini apalagi papan iformasinya nya tidak terlihat" Ucap RE dan TN.

Berdasarkan hasil dari penelusuran awak media pengerjaannya bersumber dari LPSE Kota Lubuklinggau, Kegiatan Peningkatan jalan akses SDIT An-nida Kelurahan Niken Jaya dikerjakan oleh CV. AGOESTIEN yang beralamat : Jl. Jaya VII LR BHINEKA NO.1128 RT.019 KELURAHAN 16 ULU Kota Palembang Sumatera Selatan.

K/L/PD : Pemerintah Daerah Kota Lubuklinggau

Jenis Pengadaan : Pekerjaan Konstruksi

Satuan Kerja : Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang

Pagu : Rp 1.000.000.000.00 (Satu miliar Rupiah).

Hps : Rp 999. 997.501.00

Berusaha dikonfirmasi Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PUBM) melalui Kepala Bidang (Kabid) BM Fahmi Hastera di no tlpn 0813-6793-XXX , dirinya membenarkan bahwa peningkatan jalan itu berada di depan gedung dan dalam lingkungan SDIT An-nida.

Lebih lanjut awak media menanyakan sejauh mana pengawasan pihak dinas terkait pekerjaan, ia menyampaikan bahwa pengawasan selalu berada di lapangan  saat pekerjaan berlangsung, dan itu masih dalam masa pemeliharaan semalam 6 bulan , imbuhnya.

"Ya di lingkungan SDIT An-nida itula akses, ya seperti lapangan itu la dari depan masuk sampai belakang, pengawasan nya standby disitu, baru selesai dikerjakan dua Minggu yang lalu untuk anggaran platform 1 miliar HPS nya sembilan ratus jutaan itu belum 100% nanti akan kita cek lagi kelapangan sebelum serah terima" Sampai Fahmi Hastera.

Fahmi Hastera juga membenarkan bahwa itu dikerjakan oleh CV. AGOESTIEN yang beralamat di kota Palembang.

"Betul di kerja CV. AGOESTIEN kalau alamat CV nya di Palembang" tutup Fahmi.

By tulentino/sl