Babinsa Komsos dengan Petani Monitoring Perkembangan Tanaman Padi Menjelang Masa Panen

Suaralira.com, Rengat - Babinsa  Koramil 01/ rengat Kodim 0302/Indragiri Serda Hasanudin melaksanakan Komsos dengan Petani pantau perkembangan tanaman padi menjelang masa panen  diwilayah  binaannya di Desa Tambak Kecamatan Kuala Cenaku  Sabtu (02/09/2023). 
 
Juga Mendampingi petani merupakan salah satu tugas Babinsa yang merupakan kegiatan upaya khusus (upsus), guna mendukung program Swasembada Pangan Nasional.
 
Pada pelaksanaan kegiatan Komsos dengan petani dan memantau perkembangan tanaman padi pada fase menjelang masa panen serta ketersediaan air pada masa ini harus juga selalu di jaga,dan lahan pertanian diwilayah yang tidak terjangkau air ditanami palawija jenis yang lain.
 
Kepada suaralira.com Babinsa Serda Hasanudin menjelaskan bahwa pada tahap menjelang masa panen, pertumbuhan padi harus selalu di perhatikan dari hama burung dan tikus karena untuk menjaga agar hasil panen bisa maksimal.
 
Sementara Bapak Joko kepada suaralira.com juga pemilik lahan menjelaskan, bahwa tanaman padinya sudah berumur sekitar 75 hari sudah dekat memasuki tahap panen 
 
Alhamdulillah perkembangan pertumbuhan tanaman padi kami cukup baik, hal ini karena selain perawatan yang maksimal juga karena ketercukupan akan adanya kebutuhan air,"tuturnya.
 
Pak Joko berharap,agar sampaii menjelang panen dapat maksimal karena curah hujan saat ini sudah sangat berkurang karena sudah masuk musim kemarau.
 
 Semoga masa sampai menjelang panen, pertumbuhan tanaman padi tidak terganggu dari hama dan hasil panen dapat maksimal.
 
Diakhir komsosnya Babinsa  mengajak masyarakat apabila ada kendala, permasalahan dilapangan agar dikoordinasikan dengan Babinsa dan PPL sehingga dapat di selesaikan.(pr4as/sl)