Sengketa Desa Petala Bumi dengan Perusahaan, Komisi II DPRD Inhu Turun Lapangan Lakukan Sidak ke Perusahaan

Suaralira.com, Rengat - Turun dan cek lapangan diareal HGU PT. Inecda yang masih berpolemik dengan Desa Petala Bumi dan terkait tindak lanjut Rapat Dengar Pendapat (RDP)  Komisi II DPRD Indragiri pada Jum’at  01 September 2023 lalu. 
 
Komisi II DPRD Indragiri langsung melakukan inspeksi mendadak ( sidak ) guna menindak  lanjuti sejauh mana realisasi kesiapan perusahaan PT Inecda, dengan mendatangi kantor Perusahaan PT Inecda yang berada  di wilayah hukum Desa Sei babat kecamatan Seberida.selasa (5/9/23) 
 
Terkait dengan kehadiran komisi II DPRD Indragiri di kantor Perusahaan PT Inecda tiada lain  menanyakan seputar hasil RDP sebelumnya saat dihubungi melalui seluler selasa malam menyampaikan bahwa kedatangan Komisi II kata ketua Komisi II Sugeng Riono SP MSi  ini merupakan tindak lanjut RDP dan kita telah juga mengatakan bahwa akan mendatangi lahan yang dimakaus."katanya.
 
Dan kedatangan Komisi II langsung menuju  di kantor PT Inecda dengan GM PT Inecda Khamdi dan sejumlah staf perusahaan dari pihak inecda" Debutnya. 
 
Ketua komisi II Sugeng Riono SP MSi lanjutnya yang didampingi anggota Suparman SH serta pegawai sekretariat Dewan itu sempat melakukan rapat tertutup di aula meeting kantor PT Inecda,yang berada di dibabat. 
 
Masih kata Sugeng Dirinya dan anggota komisi II serta pegawai Sekwan  Bahwa kehadiran mereka juga baru dan tidak seberapa lama, dan hanya menanyakan sejauh mana progres  atau kesiapan management PT Inecda terhadap tuntutan masyarakat Petala Bumi.
 
Setelah menanyakan sejumlah pertanyaan dan melihat dokumen realisasi CSR untuk referensi kami (komisi II) langsung turun kelapangan melihat kawasan Resapan air yang ada di lahan PT Inecda"terangnya.
 
Sementara terkait dengan rapat tersebut Anggota komisi II DPRD Indragiri Hulu Suparman SH yang keluar lebih dulu dari aula meeting di kantor PT Inecda dikonfirmasi oleh awak media mengatakan adapun pertanyaan yang dilontarkan ke management PT Inecda terkait CSR yang telah di realisasikan dan  manfaatnya bagi masyarakat seputar  khusus nya pada ring satu."katanya
 
.“Kami meminta dan berharap kepada management PT Inecda agar masyarakat khususnya di wilayah Seputar Perusahaan khusus di Ring satu mendapat prioritas dan di preriotaskan” ujarnya 
 
Tidak hanya itu perusahaan juga diminta agar dalam melakukan Rekrutmen tenaga kerja khususnya  masyarakat Tempatan, juga harus menjadi prioritas, serta hendaknya dapat cepat menyelesaikan apa yang menjadi tuntutan masyarakat Petal Bumi ” kalau  sudah Selesai kan kita enak mendengarnya” ungkap Suparman  yang juga calekDapi II ini.
 
Tentang kunjungan komisi II Khamdi Genderal manager PT Inecda di konfirmasi oleh awak media saat itu juga menyampaikan hal senada bahwa pertanyaan yang dilontarkan Komisi II adalah tiada lain seputar RDP pada pekan lalu, selain itu juga menanyakan sejumlah realisasi penyaluran dana CSR PT Inecda dan melihat dokumentasinya.
 
Terkait hasil kesimpulan RDP antara perusahaan dan masyarakat Petala Bumi sudah disampaikan ke pada Top management , dan kita masih menunggu realisasi berbentuk kegiatan yang nantinya akan kita lakukan perundingan dengan masyarakat Petala Bumi, 
 
Namun saat ini masih belum waktunya kita sampaikan sebab saat ini masih berproses ” yah kita Tunggu aja , yang Pasti sebelum batas waktu tanggal 20 September sebagai mana limit waktu yang ditentukan kita sudah menyampaikan kepada masyarakat Desa Petala Bumi dan dalam minggu ini kita akan lakukan pertemuan antara perusahaan dengan Desa Petala bumi. Tutur Khamdi. (Prasetyo/sl)