Dandim 0302/Inhu Bersama Forkopimda Menyaksikan Secara Zoom Meeting Sambutan Aster Kasad Tentang Komsos dengan Appem 2024

Suaralira.com, Inhu - Menyaksikan secara Zoom meeting Sambutan Aster Kasad/Waaster Kasad Bidang Komsos Tahwil dan Bakti TNI tentang penyelenggaraan Komsos dengan Aparat Pemerintah TA 2024 Senin, Tanggal 22 Januari 2024 sekira pukul 09.00 Wib Bertempat di Ruang Transit Makodim 0302/Inhu Jl. Suprapto Kelurahan Sekip Hilir Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. 
 
Tampak saat Zoom meeting tersebut Selaku Asisten Teritorial Kasad Asisten Teritorial Kasad,Joko Hadi Susilo, S.I.P. Mayor Jenderal TNI beserta seluruh Staf mengucapkan selamat datang dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu narasumber dan para peserta sekalian yang telah hadir dan meluangkan waktu untuk dapat bersilaturahmi dan bertatap muka pada kegiatan hari ini pada Kegiatan Penyelenggaraan Komunikasi Sosial dengan Aparat Pemerintah TA 2024 dalam keadaan sehat wal'afiat.
 
Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, dikarenakan penting bagi kita, sebagai komponen bangsa kita harus bersinergi dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 melalui kegiatan komunikasi sosial dengan apparat pemerintah.
 
Selanjutnya dalam sambutan secara zoom meeting tersebut Asisten Teritorial Kasad,Joko Hadi Susilo, S.I.P. Mayor Jenderal TNI juga menyampaikan Tentang Perubahan iklim global merupakan tantangan serius yang dihadapi oleh seluruh umat manusia. 
 
Gejala-gejala perubahan iklim, seperti kenaikan suhu rata-rata bumi mengakibatkan perubahan pola cuaca yang ekstrem, sehingga terjadinya pemanasan Global dan naiknya permukaan air laut. 
 
Dan Fenomena ini tidak hanya berdampak pada lingkungan, tetapi juga merambah ke sektor- sektor vital kehidupan, seperti pertanian, perikanan, kesehatan, dan pangan, yang secara tidak langsung akan berdampak kepada stabilitas keamanan
 
Menghadapi perubahan iklim saat ini diperlukan kolaborasi yang erat antara TNI AD dan Aparat Pemerintah (Kementerian dan lembaga) yang memiliki tanggung jawab untuk melindungi seluruh masyarakat dari dampak bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi. 
 
Ini merupakan fondasi yang kokoh untuk mengatasi tantangan bersama dan menciptakan keberlanjutan yang lebih baik bagi generasi mendatang,maka upaya yang dapat dilakukan TNI AD dalam mengantisipasi ancaman tersebut salah satunya melalui kegiatan penyelenggaraan Komunikasi Sosial dengan Aparat Pemerintah, dengan mengangkat tema "TNI AD Bersama Rakyat Siap hadapi Dampak Perubahan Iklim Global". 
 
Dengan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mendapatkan masukkan tentang perkembangan situasi iklim global saat ini sehingga kita semua dapat mengantisipasi dampak perubahan Iklim tersebut. 
 
Menurutnya hal ini dapat diwujudkan dengan menjalin sinergitas antara TNI AD dengan Aparat Pemerintah, dengan harapan sebagai berikut Pertama, Terwujudnya kolaborasi antara Aparat Pemerintah, TNI AD dan masyarakat dalam menciptakan sinergi untuk menghadapi perubahan iklim dan 
 
Kedua, Memberikan wawasan dan pemahaman tentang Potensi yang kita miliki dan solusi dalam menghadapi perubahan iklim.
 
Ketiga, Terwujudnya komunikasi yang intensif antara TNI AD dengan Aparat Pemerintah agar terjalin hubungan emosional yang erat dan harmonis guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa."terang Aster Kasad. 
 
Sementara dalam keterangan saat zoom meeting lanjut Aster juga mendatangkan beberapa narasumber diataranta A. Fachri Radjab, S.Si, M.Si, Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG dan juga disampaikan tentang Membangun Kesadaran Dalam Menghadapi Ancaman Perubahan Iklim Dan Kebakaran Hutan Serta Lahan, oleh Bapak Ir. Laksmi Wijayanti, MCP dari KLHK.
 
Selanjutnya juga disampaikan tentang  Peran TNI AD dan Aparat Pemerintah Daerah dalam Menghadapi Dampak Perubahan iklim di Indonesia, oleh Kolonel Inf. Dr. Frega Ferdinand Wenas Inkiriwang, MIR., MMAS., Ph.D., FHEA dari TNI AD.
 
Aster Kasad di akhir zoom meeting juga menyampaikan dengan adanya kegiatan ini diharapkan para peserta dapat menggali lebih dalam kepada narasumber yang ahli dan kompeten dibidangnya, serta tanyakan hal-hal yang belum dipahami sehingga tercipta pemahaman secara menyeluruh guna mendukung terwujudnya keutuhan dan kedaulatan NKRI.
 
Semoga kebersamaan ini akan semakin memperkuat tali silaturahmi dan menjadi pendorong untuk dapat memberikan kontribusi nyata dalam menghadapi setiap permasalahan Bangsa,semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk dan perlindungan-Nya kepada kita untuk mempersembahkan darma bakti terbaik kepada bangsa dan negara tercinta.
 
Kegiatan zoom meeting tersebut dihadiri oleh Letkol Kav Dani Prasetyo Wibowo, S.Sos., M.I.P ( Dandim 0302 / Inhu ),Sutrisno ( Sekertaris dinas Sosial Mewakili Bupati Kab. Inhu ), Elda Suhanura SH.MH ( Ketua DPRD Kab. Inhu ), Kabag Ren Kompol Ridwan, SH., MH, Mayor Inf Kabul (Kasdim 0302/Inhu ),Irfan Sastra .SH ( Staf Intelijen Kajari Kab. Inhu ), Harry Kurniawan, S.Ip ( Perwakilan Pengadilan Negeri Kab.Inhu ) Hendra ( Kasubag Umum BLH Kab. Inhu), Nurgianto ( Koordinator Lapangan KPBD Kab. Inhu ), Para Perwira Staf Kodim 0302/Inhu.
 
(Pras/sl)