Rahmi Elsi, S.Pi Waka Kesiswaan SMPN 23 dan DR.EDY SUHENDRI Kepala SMPN 23 pekanbaru Didampingi Menwa UNRI bersama Siswa Pengurus OSIS & Ketua Kelas dalam LDK

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) OSIS SMP NEGERI 23 Pekanbaru

Suaralira.com, Pekanbaru — LDK adalah singkatan dari Latihan Dasar Kepemimpinan. Istilah ini sering kali dijumpai di sekolah & Kegiatan organisasi. Meskipun terbilang populer, namun masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu LDK.

Latihan Dasar Kepemimpinan atau LDK adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. 

Kepemimpinan merupakan hal penting dalam suatu organisasi sebab kepemiimpinan adalah salah satu kunci vital keberhasilan organisasi sehingga bisa dan dapat tercapai. 

Dalam LDK yang diadakan SMPN 23 Pekanbaru dilapangan terbuka Universitas Riau (UNRI) dengan melibatkan 15 anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) UNRI dalam kegiatan ini. 

Dimana Menwa ikut membantu meminjamkan sekaligus mendirikan Tenda Kemah untuk peserta LDK SMPN 23 Pekanbaru.

Dimana Menwa UNRI berperan aktif membimbing serta memberikan Pelatihan kepemimpinan bagi siswa siswa terpilih menjadi Pengurus OSIS dan Ketua Kelas selaku pemimpin di sekolah.

Dalam LDK ini SMPN 23 sebagai pelaksana juga mengajak & menggandeng beberapa sekolah terdekat untuk latihan bersama yakni SMPN 42, SMPN 25, SMPN 40, SMPN 28 dimana setiap sekolah dengan mengirim 10 orang peserta setiap sekolah. 

Dalam Hal ini kita sudah ada perjanjian kerjasama demi melaksanakan LDK di SMPN 23 dan perjanjian ini dari tahun lalu sudah pernah kita adakan.

Dimana sebagai Pelaksana SMPN 23, Rahmi Elsi,S.Pi yang menjabat sebagai Wakil Kesiswaan juga bertanggung Jawab dalam LDK yang nantinya akan diadakan kembali di bulan Pebruari 2024 tidak lama lagi ditempat yang sama dalam waktu rencananya 3 (tiga) hari.

Dalam pelaksanaannya nantinya kita akan mengundang sekolah sekolah lain guna agar ramai serta siswa dapat lebih bersemangat dan wawasannya juga bisa bertambah disamping itu siswa siswa mendapat teman yang banyak guna membangun silaturahmi serta pengetahuannya bisa bertambah. 

Dalam LDK ini siswa siswa SMPN 23 juga mengusulkan agar sekolah lain bisa diikutkan agar lebih ramai lagi juga demi ke suksesan Pelantikan Pengurus OSIS SMPN 23

Program ini diadakan setiap tahun serta telah berjalan ditahun 2023 yakni dengan mengadakan program khusus untuk Pengurus OSIS dan Ketua Kelas. Karena Pengurus OSIS dan Ketua Kelas merupakan Pemimpin disekolah.

Kegiatan ini adalah bagian dari kepemimpinan dalam hal Kepengurusan OSIS dan mudah mudahan kedepannya siswa siswa sebagai Pengurus OSIS dan Ketua Kelas bisa nantinya menjadi orang orang hebat.

Untuk SMPN 23 sudah ditunjuk dan terpilih Ketua OSIS nya dimana Februari 2024 akan diadakan Pelantikan, "tutur Rahmi Elsi,S.Pi kepada awak media suaralira.com diruangannya Kamis siang, 1 Februari 2024.

Kegiatan LDK, menurut, "Rahmi sebuah organisasi guna untuk memotivasi orang lain atau anggotanya melakukan hal baik dan memaksimalkan kemampuan dalam diri. 

Karena itu definisi lain LDK adalah suatu kegiatan dilakukan untuk melatih dan membangun jiwa kepemimpinan anggota baru dari suatu organisasi maupun kelompok. Kegiatan ini melatih fisik dan juga mental seseorang. 

Serta adanya kegiatan LDK, maka peserta akan menjadi seseorang yang disiplin, memiliki rasa solidaritas dan bertanggung jawab selaku Pengurus OSIS da juga selaku Ketua Kelas.

Pelatihan juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau skill siswa dalam memimpin. Salah satu tujuan latihan kepemimpinan siswa yaitu untuk membangun karakter pribadi (personality) agar semakin kuat, "tutup Kepsek SMPN 23 Pekanbaru Dr. Edy Suhendri. (Jheff/sl)