Babinsa Ingatkan Warga Agar Tetap Menjaga Kesehatan Hewan Ternak dari PMK

Suaralira.com, Rengat Barat -  Babinsa aktip lakukan pengecekan hewan milik warga binaan sebagai upaya mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).
 
Kegiatan ini di laksanakan oleh Babinsa Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu Serka Surwaidi sesuai dengan perintah dari Komandan Koramil 01/Rengat Kapten Inf HB. Sitepu 
 
Dengan tujuan pengecekan pada peternak sapi, di Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu, Senin (5/2/2024).
 
Babinsa Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu Serka Surwaidi mengingatkan ke pada Masyarakat atau peternak supaya tetap menjaga kebersihan kandang 
 
Dan tidak kalah penting juga mewaspadai hewan ternak yang datang dari daerah atau desa lain seperti sapi, kerbau dan kambing, hal ini perlu di awasi supaya penyakit Mulut Dan Kuku tidak menular ke ternak yang sudah ada.
 
Babinsa juga  menyampaikan bagi warga yang mendapati gejala ternaknya seperti air liur berlebihan, lepuh (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh (lesi pada lidah), dan gejala lainnya. 
 
Agar segera melaporkan ke petugas supaya cepat di Carikan jalan penyembuhan dan menginformasikan ke pihak yang menangani Kesehatan Hewan, sehingga penyakit Mulut dan Kuku pada hewan dapat di atasi dengan Segera
 
Dari pantauan Babinsa sampai saa ini kondisi ternak sapi, kambing dan kerbau  yang ada di desa binaan semuanya sehat dan belum ditemukan gejala virus PMK.
 
Drngan harapan kedepanya semoga kesehatan hewan seperti ini dapat terjaga terus sehingga ternak warga yang ada saat ini tidak terkena penyakit mulut dan kuku,"tutup Babinsa.(pr4as/sl)