Diharapkan Selalu Waspadai Setiap Penyebaran Wabah PMK Pada Hewan Berkuku Belah Milik Warga.

Suaralira.com, Inhu - Terus lakukan kegiatan rutin seorang Babinsa Koramil 01/ Rengat sedang melaksanakan kegiatan kunjungan ke kandang Sapi warga di Desa, guna untuk memantau langsung  penyebaran wabah PMK(Penyakit Mulut dan Kuku) yang penyebaran virus hewan ini sering terjadi menyerang pada hewan ternak berkuku belah.
 
Dulakukanya pemantauan langsung di kandang sapi milik Warga  upaya kami sebagai Babinsa agar dapat memastikan langsung ke kandang Sapi warga dan mengetahui perkembangan yang sebenarnya ke kandang ternak hewan Sapi milik warga yang berada di Desa binaan apakah ada pastinya yang terjangkit virus PMK tersebut.
 
Babinsa yang mempunyai Desa binaan diwilayah tanggung jawabnya kali ini tepatnya di Desa Sungai Baung Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu jum'at (11/10/2024k
 
Secara rutin melakukan kegiatan yang terus dilaksanakan karena penyakit PMK ini sangat berbahaya pada hewan peliharaan ternak kuhususnya hewan berkuku belah.
 
"Selain itu juga , Pemerintah pun menganjurkan agar Babinsa di Desa ikut serta dalam membantu penanganan terhadap hewan-hewan peliharaan warga seperti Sapi,Kambing,Kerbau dsb nya yang sering dijumpai di kandang hewan peliharaan masyarakat untuk memastikan tidak ada terjangkit PMK.
 
Bekerja sama dengan aparatur desa untuk memberantas Virus ini agar terbebas dari penyakit PMK tersebut hal ini bentuk kepedulian Babinsa dan instansi lainnya agar mengetahui perkembangan Sapi warga apakah terbebas sehat tidak terjangkit virus PMK yang berakibat patal. 
 
Untuk itu perlu Penanganan PMK ini sudah merupakan tanggung jawab bersama-sama baik Jajaran Komando kewilayahan dan pemerintah daerah terkait Diwilayah nya.
 
"Karena virus PMK ini sangat rentan begitu cepat mempengaruhi pada hewan-hewan peliharaan warga sekitarnya maka dari itu harus dipantau langsung apakah bebas dari Penyakit PMK itu.
 
Kami sebagai petugas aparat pembina Desa yang selalu siap untuk membantu masyarakat dalam upaya memutus mata rantai PMK(Penyakit Mulut dan Kuku) yang dapat menyerang secara hewan-hewan peliharaan milik masyarakat .
 
Tentunya dapat merugikan masyarakat yang menjadi salah satu sumber ekonomi untuk menambah pendapatan di kalangan peternak hewan pemakan rumput ini.
 
Sebagai Babinsa Kopda.S.Y.E Hasibuan Desa Sungai Baung Kec.Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu ,saat ini masih terus berlanjut dalam penanganan serius terhadap adanya wabah virus akut penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan peliharaan Sapi milik warga.
 
Sebagai tanda tanda yang terjangkit nya penyakit PMK ini badan hewan peliharaan nya semakin hari semakin kurus dan berkurang nya nafsu makan nya,keluarnya air liur nya yang berbusa terus-menerus,kukunya luka seperti mengelupas.
 
Penyakit PMK juga tergolong penyakit bisa dikatakan bengis  yang cepat menular pada hewan berkuku atau hewan berkaki empat.
 
"Harapannya mudahan-mudahan kedepannya dapat mengetahui hewan-hewan ternak milik masyarakat di wilayah binaan bebas dari PMK yang sangat dikenal dengan Penyakit akud yang sangat mematikan pada hewan peliharaan khususnya hewan berkaki empat atau berkuku belah.tutup Babinsa".(Pr4as.sl)