Kegiatan Pelaksanaan Garjas Periodik Serta UKP Guna Ukur Kampuan Jasmani Prajurit

Suaralira.com, Rengat - Sebagai tolak ukur kondisi dan kemampuan jasmani prajurit perlu adanya kesamaptaan yang dilakukan secara berkala, Kodim 0302/Inhu melaksanakan tes kesegaran jasmani (garjas) periodik semester II dan tes garjas UKP (uji kenaikan pangkat) Tahun 2024.
 
Dilaksanakan di Lapangan sepak bola Stadion Narasinga Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri hulu, Rabu(16/10/2024).
 
Sebelum dilakukan kegiatan itu, Para peserta sebelumnya melakukan pemeriksaan kesehatan guna mengetahui kondisi kesehatan sebelum melaksanakan garjas. 
 
Dalam pelaksanaan garjas tersebut diikuti seluruh prajurit Kodim 0302/Inhu dengan melaksanakan samapta A dan B dengan melakukan lari 12 menit dan Pull-Up, Push-Up, dan Shuttle Run dilanjutkan dengan tes dasar renang militer.
 
Saat dihubungi oleh suaralira.com Dandim 0302/Inhu Letkol Inf Emick Chandra Nasution M.P.M, Melalui Pasi Ter kodim 0302/Inhu Lettu Inf Musdaliansyah menyampaikan garjas periodik dan UKP ini rutin digelar di satuan-satuan jajaran Korem 031/WB.
 
Dengan tujuan untuk mengukur dan mengetahui kemampuan jasmani bagi prajurit Kodim 0302/Inhu setiap enam bulan sekali, guna mendukung pelaksanaan tugas,” ujar Pasiter
 
Selanjutnya Pasi ter juga mengharapkan agar para peserta dapat melaksanakan kegiatan tes kesampataan ini dengan maksimal 
 
"Namun demikian faktor keamanan dan keselamatan adalah yang paling utama, karena tujuan utama sebenarnya adalah pembinaan fisik prajurit.
 
"Pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari dengan harapan semua anggota bisa melaksanakan.
 
Diharapkan kepada seluruh anggota untuk selalu menjaga faktor keamanan karena yang tahu kondisi fisik maupun kemampuan adalah rekan-rekan anggota sendiri. (Prs.sl)