Jurnalis Harus Siap Menghadapi MEA

Suaralira - Pihak media, terutama jurnalis harus siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). "Dalam menghadapi MEA para wartawan perlu meningkatkan kompetensi," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dalam diskusi Perkembangan Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan di atas KRI Makassar 590, Sabtu (06/02/2016).

 

Dikatakannya, "bahwa media, utamanya jurnalis harus siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)." Peningkatan kompetensi terutama terkait standardisasi.  "Jadi perlu standardisasi kontren dan teks dalam pemberitaan," ujarnya.


Kominfo terus berupaya dan bekerja sama dengan berbagai organisasi media serta perusahaan media untuk meningkatkan kompetensi bagi wartawan, tuturnya.

Atas dasar itu Rudi memastikan Kemenkominfo mendukung peningkatan kompetensi wartawan untuk meningkatkan kompetensi wartawan. 

"Dalam menghadapi MEA, kami bekerja sama dengan beberapa pihak membentuk LSP di bidang TIK. Apa pun tujuan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas (profesi jurnalis), kami dukung," demikian Rudiantara. (rm/sl)