Malam Bakar Tongkang, Gubri: Pemprov Akan Terus Dorong Pariwisata Riau

ROKAN HILIR (suaralira.com) - Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rahman menyatakan akan terus mendorong dan memfokuskan diri terhadap pengembangan pariwisata yang ada didaerah itu.

 "Pemprov Riau akan selalu mendorong kegiatan-kegiatan yang ada di tengah masyarakat, seperti Iven Wisata Nasional Bakar Tongkang yang setiap tahun diselenggarakan di Kabupaten Rokan Hilir," kata Arsyadjuliandi Rahman saat menghadiri acara Malam Bakar Tongkang di Bagansiapiapi, Senin (20/6) malam.

Ia mengatakan, pengembangan pariwisata tentunya harus diimbangi dengan perbaikan infrastruktur yang menjadi akses keluar masuk diwilayah tersebut.

"Saat ini pemprov terus berupaya meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan di 12 kabupaten/kota di Riau. Bahkan kita pun terus mendorong pemerintah pusat agar pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai, termasuk proyek jalur Kereta Api Trans Sumatera bisa segera terealisasi," jelasnya.

Terdapat enam pariwisata yang menjadi unggulan di Provinsi Riau diantaranya Bakar Tongkang, Pacu Jalur, Tour de Siak, Bono, Gema Muharram dan Riau Maraton.

Sementara itu, Bupati Rokan Hilir Suyatno menyebutkan, bahwa Iven Wisata Nasional Bakar Tongkang di Bagansiapiapi yang digelar setiap tahunnya itu selain mengundang puluhan ribu wisatawan lokal dan mancanegara, namun dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang berjualan.

"Bakar Tongkang sudah sampai kemana-mana, bahkan akan tampil di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada April 2017 mendatang," kata Suyatno.

Ia mengharapkan kepada dinas terkait agar menyiapkan segala sesuatunya menjelang acara berlangsung.

 "Bakar Tongkang juga pernah tampil di TMII pada 2007 lalu. Untuk itu kita mengharapkan dukungan dari semua pihak agar pelaksanaannya berjalan sukses dan lancar," katanya mengharapkan.