Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Rahmad Rahim (dok)

Dipermudah Jadi Pegawai KAI Bagi Pemilik Lahan Diganti Rugi

PEKANBARU (suaralira.com) - Kementerian Perhubungan RI jamin akan mempermudah bagi anak-anak pemilik lahan yang diganti rugi untuk pembangunan rel kereta api di Riau menjadi pegawai kereta api. Bagi mereka yang benar-benar serius akan menjadi prioritas nantinya.
 
"Kemenhub sudah janji anak-anak pemilik lahan yang lahannya kena pembebasan lahan mana yang ingin menjadi pegawai kereta api akan diprioritaskan," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau Rahmat Rahim, usai menggelar rapat kelanjutan pembangunan proyek Trans Sumatera di kantor gubernur,  Selasa (19/7/16).
 
Dijelaskan mantan Sekretaris Bappeda Riau ini, meski tetap menjadi prioritas, tes dan prosedur dalam mengikuti tetap dilakukan bagi calon pegawai kereta api. Namun, khusus untuk anak pemilik lahan akan diberikan kemudahan dalam tes tersebut.
 
Rahmat beralasan, hal itu dilakukan sebagai apresiasi Kemenhub kepada masyarakat yang mendukung program masyarakat."Bagaimana pun dukungan masyarakat sangat dibutuhkan untuk mensukseskan proses pembangunan jalur rel kereta api," jelasnya.
 
Seperti diketahui, ganti rugi lahan jalan kereta api akan dilakukan Pemporov Riau melakukan konsultasi publik pada 22-28 Juli mendatang di Kota Dumai.
 
Jika proses penawaran harga tidak lancar akan segera dilakukan proses ganti rugi lahan bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Riau. Tetapi jika tidak ada kesesuaian, maka tim ganti rugi lahan akan kembali melakukan negoisasi harga.