Punya 500 Ribu Euro, Pertamina Sempat Berniat Bantu Rio Haryanto

JAKARTA, SUARALIRA.com - Pertamina mengaku sudah menyiapkan dana tambahan untuk memperpanjang napas Rio Haryanto di Manor Racing sebesar 500 ribu euro. Namun, jumlah yang coba diajukan Pertamina itu amat jauh dari sisa tunggakan Rio Haryanto terhadap Manor Racing yakni sebesar 7 juta euro.

Tidak mampu menutupi kekurangan 7 juta euro kubu Rio Haryanto terhadap Manor Racing, Pertamina ikut kecewa. Pihak Pertamina menyayangkan keputusan Manor yang memilih tidak melanjutkan petualangan Rio Haryanto di ajang F1.  

Teka-teki terkait masa depan Rio bersama Manor akhirnya terjawab. Setelah banyak yang menunggu keputusan Manor terkait nasib pembalapnya tersebut, publik akhirnya mendapat jawaban pada Rabu (10/8/2016).

erbagai upaya yang dilakukan semua pihak untuk membantu Rio tak menuai hasil. Pasalnya, Manor sudah memutuskan untuk menggeser Rio menjadi pembalap cadangan. Posisinya sebagai pembalap utama digantikan Esteban Ocon.

Merespon keputusan tersebut, Pertamina selaku sponsor utama tetap memberikan apresiasi atas perjuangan Rio selama beraksi di balik kokpit MRT05. Momen di mana Rio beberapa kali mengungguli rekan setimnya, Pascal Wehrlein, juga dipuji Manor.

"Sebagai pembalap utama, Rio memiliki talenta dan kemampuan membalap yang bagus, di mana sebagai pembalap pemula Rio mampu menungguli rekan setimnya, Wehrlein, dalam beberapa kali babak kualifikasi," ungkap Wianda Pusponegoro, Vice President Corporate Communication Pertamina, dalam rilis yang dikutip Liputan6.com.

Pertamina juga mengaku sudah menyiapkan dana tambahan untuk memperpanjang nafas Rio di Manor. "Kami upayakan menambah lagi dana sebesar 500.000 euro untuk mempertahankan Rio hingga akhir musim, namun ternyata Manor sudah mengambil keputusan lain," kata Wianda.

Sebelum Manor mengambil keputusan tersebut, sejatinya sudah banyak pihak yang terlibat dalam memberikan pertolongan kepada Rio. Mulai dari program SMS donasi, penjualan merchandise, hingga penggalangan dana. Faktanya, hingga libur musim panas, Rio masih belum mendapatkan dana yang dibutuhkan.

Situasi itu harus dihadapi Rio karena ia belum menyelesaikan kewajibannya terkait pembayaran kepada Manor. Ya, syarat utama Rio agar bisa menjadi pembalap Manor di musim ini adalah merogoh kocek 15 juta euro yang diberikan kepada Manor. Dan, hingga kini pihak Rio baru bisa membayar 8 juta euro.