Ribuan Hewan Dinyatakan Aman Untuk Qurban

BENGKALIS, SUARALIRA.com - Sekitar 1.864 ekor hewan dipastikan layak dan aman untuk dijadikan sebagai hewan qurban di Kabupaten Bengkalis. Yakni, terdiri dari 1.715 ekor sapi, 152 ekor kambing dan 7 ekor kerbau yang tersebar di Kecamatan Mandau, Pinggir, Bengkalis, Bantan, Rupat dan Siakkecil. 
 
Ribuan ekor hewan qurban tersebut terhitung sejak Minggu (11/09/16) pukul 14.00 WIB siang. Dimana hewan qurban tersebut setelah melalui pemeriksaan Tim Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Bengkalis. 
 
“Hingga jam dua siang tadi dilaporkan sudah 1.864 ekor hewan qurban yang diperiksa dan sehat layak untuk dijadikan qurban. Data ini sifatnya sementara karena baru enam kecamatan dan akan terus bertambah, tim terdiri dari dokter hewan masih bertugas di lapangan hingga hari H besok,” ungkap Kepala Distanak melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) Tuti Amlizarti kepada wartawan, Ahad (09/11/16) petang.
 
Dari ribuan calon hewan qurban yang diperiksa oleh tim pemeriksa kesehatan hewan, belum ada satupun ditemui hewan qurban yang bermasalah atau berpenyakit. “Belum ada yang aneh atau tidak sehat ditemukan, hanya badannya kurus. Mudah-mudahan semuanya lancar dan tidak terjadi kendala,” katanya lagi.
 
Ditambahkan Tuti, selain pemeriksaan hewan, tahun 2016 ini Bidang Keswan berkerjasama dengan Lembaga Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bengkalis juga menggelar sosialisasi kepada masyarakat tentang tatacara penyembelihan hewan qurban sesuai dengan syariat Islam di sejumlah kecamatan di Bengkalis.
 
“Sosialisasi ini juga dilakukan tahun lalu di empat kecamatan, dan tahun ini (2016, red) juga sama dilakukan di empat kecamatan,”imbuhnya. (bo/sl)