Menyibak Asia Tengah

Ngeri! Ada Pintu Neraka di Turkmenistan

ASHGABAT, SUARALIRA.com - Neraka, mendengar kata itu traveler pasti langsung terbayang nyala api. Tak perlu dibayangkan, datang saja ke Turkmenistan. Ada pintu neraka menganga di sana!
 
Jika liburan ke Asia Tengah, tak ada salahnya berkunjung ke Turkmenistan. Di sana banyak budaya yang menarik dan keajaiban alam yang langka.
 
Dilansir dari AFP, Kamis (27/10/2016) keajaiban alam yang menjadi unggulan di Turkmenistan adalah tempat di Gurun Karakum bernama Door to Hell. Tempat ini hanya 264 km atau 3 jam perjalanan dari Ibukota Ashgabat. Bisa traveler bayangkan, dari namanya saja sudah bikin merinding.
 
Ada sebuah lubang raksasa menganga seperti kawah gunung berapi. Di dalam lubang itu ada api menyala-nyala dan menjilat-jilat. Gambaran neraka di bumi, cocok sekali disematkan di sini. Tidak heran jika tempat ini diberi nama Door to Hell.
 
 
Kenapa bisa ada lubang itu ya? Awal cerita, Turkmenistan dulu masuk wilayah Uni Sovyet yang kaya dengan gas alam. Sejumlah insinyur melakukan pengeboran gas tahun 1971. Namun suatu kesalahan fatal terjadi.
 
Bornya menembus gua bawah tanah dan tanah di atasnya langsung runtuh membentuk kawah besar. Kawah itu ternyata mengeluarkan gas, para insinyur sepakat membakar gasnya agar tidak meracuni orang di sekitarnya. Mereka mengira api akan padam dalam waktu singkat. Namun hingga 40 tahun lebih kemudian apinya tetap membara.
 
 
Walaupun gagal jadi daerah tambang, tempat ini kemudian menjadi destinasi wisata. Pemandangan yang bikin merinding menjadi magnet untuk wisatawan. Kawasan ini dijadikan destinasi pariwisata mulai tahun 2014 ditandai dengan peresmian area sekitar menjadi taman nasional.
 
Traveler bisa berwisata naik jeep, quad bikes alias ATV atau naik unta di sekitar kawah ini. Atraksi utamanya tentu saja kawah neraka yang menyala-nyala. Turkmenistan yang cukup terisolir dari radar wisatawan, kini pelan-pelan menjadi dikenal.
 
Media sosial juga berperan mempromosikan kawah yang disebut warga lokal dengan nama Kawah Derweze. Netizen dibuat kaget melihat foto Door to Hell, lantas menjadi viral dan disebar di medsos. Masih penasaran dengan rupa neraka? traveler bisa kunjungi Turkmenistan.  (dtc/sl)