Beach House, 'Rumah Perpisahan' bagi Para Astronot

FLORIDA, SUARALIRA.com - Sebuah rumah di bibir pantai dekat Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat menjadi rumah yang penuh makna. Pasalnya rumah tersebut selalu menjadi persinggahan sementara sebelum para astronot terbang menjelajah ruang angkasa.
 
Seperti dikutip dari Amusing Planet, Minggu (30/10/2016), properti dua lantai ini terletak sekira satu mil dari fasilitas peluncuran (spaceport) wahana antariksa NASA Kennedy Space Center, yang telah menjadi tempat tinggal bagi ratusan astronot dan keluarganya.
 
Budaya tinggal di rumah tersebut telah terjadi selama kurang lebih 50 tahun . Para astronot dan keluarganya tinggal di rumah itu untuk menghabiskan masa-masa bersama sebelum tiba waktu berpisah dengan anggota keluarga untuk menjalankan tugasnya.
 
Rumah dibangun pada tahun 1940-an dan merupakan bagian dari subdivisi Neptune Beach di Cape Canaveral. Pada tahun 1963, NASA membeli properti tersebut demi kepentingan perluasan Kennedy Space Center. Ketika struktur lain di sekitar rumah tersebut dihancurkan, namun NASA memilih untuk mempertahankan Beach House itu hingga kini.
 
NASA pun beberapa kali mengubah nama properti tersebut dengan beberapa nama, pertama NASA menyebut properti itu dengan “Astronaut Training and Rehabilitation Building”, namun berubah menjadi "Kennedy Space Center Conference Center", lalu diubah "Astronot Beach House", kamudian yang terakhir "Beach House".
 
Selama NASA menjalankan program untuk Mercury, Gemini, dan Apollo, astronot diizinkan untuk menghabiskan semalaman di Beach House. Namun akhirnya aturan tersebut pun berubah seiring perkembangannya. 
 
Kendati belum lagi terlihat aktivitas yang berarti sejak 2011, namun Beach House teteap menggoreskan sejarah dengan beberapa interior yang masih dipertahankan serta beberapa botol anggur dan sampanye yang ditandatangani oleh astronot. (okz/sl)