Supermoon Bikin Pasang Air Laut Maksimum

JAKARTA, SUARALIRA.com - Fenomena alam langka bakal terjadi di langit malam ini, yakni supermoon alias bulan besar. Apa dampak supermoon bagi alam? 
 
"Saat purnama, apalagi supermoon, pasang air laut maksimum sebagai efek gabungan bulan dan matahari," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) Nasional Thomas Djamaluddin kepada detikcom, Senin (14/11/2016).
 
Dampak supermoon sama seperti dampak bulan purnama biasanya, yakni air laut akan menjadi pasang. Namun supermoon punya jarak lebih dekat ketimbang purnama biasa. Maka pasang air laut bisa lebih maksimal.
 
Supermoon juga bisa mempengaruhi banjir rob menjadi lebih tinggi. Air rob dan air banjir pada umumnya di daratan bisa menjadi tak cepat kembali ke lautan gara-gara pengaruh gravitas bulan.
 
"Apabila ada cuaca buruk, dampaknya banjir rob yang lebih tinggi di pantai, dan bila di darat maka air banjirnya tidak segera terbuang ke laut," kata Thomas.
 
Bagi Anda pembaca detikcom yang berhasil mengabadikan foto-foto supermoon malam ini, silakan kirimkan ke email redaksi@detik.com beserta pengalaman melihat supermoon. Jangan lupa tinggalkan kontak Anda untuk kami konfirmasi. (dtc/sl)