Puncak Arus Balik Diprediksi Akhir Pekan Ini

Arus Balik, Sepeda Motor Utamakan Keselamatan

JAKARTA (suaralira.com) - Diprediksi akhir pekan ini akan menjadi puncak arus balik pemudik yang menggunakan sepeda motor dari berbagai wilayah menuju ke Jakarta. 
 
"Puncak arus balik motor itu Sabtu 09 Juli dan Minggu 10 Juli 2016. Itu  malam minggu dan minggu malam," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono di Mapolda Metro Jaya, Jumat 08 Juli 2016 yang dilansir liputan6.  
 
Dihimbau pengendara sepeda motor yang melakukan perjalanan balik mengutamakan faktor keselamatan seperti tidak bermuatan lebih dari dua orang dan beristirahat jika kelelahan.
 
"Untuk (pengendara) motor, batas ketahanan fisik pengemudi saat berkendara hanya dua jam. Jadi setelah itu diimbau beristirahat. Penumpang juga jangan lebih dari dua orang," kata Awi.
 
Imbauan tersebut dilontarkan Awi, mengingat angka kecelakaan pada arus mudik tahun ini meningkat hampir 100 persen bila dibanding dua tahun sebelumnya. Selain itu, korban kecelakaan juga masih didominasi pengendara sepeda motor.
 
Menurut data yang ia dapat, pada arus mudik 2015 terjadi sebanyak 36 kasus kecelakaan lalu lintas di minggu pertama operasi pengamanan ramadan . Sedangkan tahun ini, tercatat dalam rentang waktu yang sama terjadi sebanyak 69 kasus.
 
"Dengan jumlah korban meninggal dunia tahun ini 8 orang, tahun lalu 4 orang. (Korban) luka berat tahun lalu 20, sekarang naik 31 orang. Untuk luka ringan tahun lalu 36 orang, dan 2016 ini 45 (orang)," jelas Awi.
 
Awi berharap para pengendara memanfaatkan secara maksimal hadirnya posko-posko mudik yang berdiri di sepanjang jalan arteri. (**)