Bus Transpatriot Kota Bekasi

Transpatriot Kota Bekasi akan uji coba operasional

KOTA BEKASI (suaralira.com) - Dalam Uji coba operasi bus transpatriot Bekasi dilakukan mulai Senin (26/11/2018) besok. Ada sembilan unit bus yang akan melayani dua rute.

"Besok (Senin) itu uji coba operasional, launching-nya kan sudah pada HUT Kota Bekasi. Bus ini hanya berhenti di selter-selter saja," kata Humas Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP) Kota Bekasi Iqbal Daut, Minggu (25/11/2018).

Dua rute yang akan dilalui yaitu Terminal Bekasi - Harapan Indah (14,7 kilometer) dan rute Harapan Indah - Terminal Bekasi (9,6 kilometer).

Walau kedua rute itu menghubungkan dua tempat yang sama, namun jarak tempuh kedua rute berbeda karena jalur yang dilalui tidak persis sama. Jumlah halte di rute Terminal Bekasi-Harapan Indah sebanyak 13. Sementara di rute sebaliknya, yaitu Harapan Indah-Terminal Bekasi, hanya ada 8 halte.

Rute Terminal Bekasi - Harapan Indah melalui Jalan HM Joyomartono, Jalan Cut Meutia, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Jalan Jenderal Sudiman, Jalan Sultan Agung, hingga berakhir di Terminal Harapan Indah.

Tiga belas hal di rute ini yaitu Halte Terminal Kebon Paya, Bulak Kapal,  BTC, Gedung DPRD, Unisma, Pekayon, Living Plaza, BCP, Stadion Patriot, Kranji, Alexindo, dan Halte Sultan Agung.

Rute Terminal Harapan Indah - Terminal Bekasi melewati Jalan Sultan Agung, Stasiun Bekasi di Jalan Ir Juanda, lalu berakhir di Terminal Bekasi. Delapan halte di rute adalah Halte Sultan Agung, Alexindo, Stasiun Kranji, Grand Mall, Pemkot Bekasi, Stasiun Bekasi, Juction Bekasi, dan halte Jalan Baru atau Underpass.

Tarif bus masih digratiskan sampai pada 3 Desember mendatang. Jam operasional bus dari pukul 05.00 hingga pukul 20.00 WIB. Program bus transpatriot sudah diperkenalkan kepada publik sejak Desember 2017. Namun program itu mangkrak selama hampir 11 bulan karena pihak Pemkot Bekasi tidak mendapatkan operator. (red/sl)