Suwarto Buka Pelatihan Operator Pengelola Arsip Dan Ingatkan OPD Bentuk Unit Arsip Sistem Penyimpanan Digital

BENGKALIS-RIAU, suaralira.com - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan H Suwarto, seiring dengan perkembangan zaman sudah saatnya meninggalkan sistem konvensional menuju ke sistem digital, tak terkecuali dalam hal kearsipan.

"Selama ini arsip kita dalam tanda petik terabaikan. Inilah yang kita upayakan agar penyimpanan arsip dilakukan dengan sistem digital. Jadi sekarang kita tinggalkan sistem konvensional menuju ke sistem digital," ungkap Suwarto.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan H Suwarto mengatakan, itu sebelum dibukanya pelatihan operator bagi pengelola kearsipan, Kamis, 17 Januari 2019.

Menurutnya, selama ini mencari arsip selalu bermasalah. Arsip lama seperti beberapa tahun lalu sulit dijumpai. Andai ditemukan biasanya dalam bentuk yang sudah rapuh atau tak utuh. 

Dengan adanya digital arsip, sambungnya, arsip tersebut tidak akan pernah hancur, tidak akan pernah rapuh dan rusak,” ungkap Suwarto.

"Kami ingin arsip kita tertata dengan baik. Dengan sistem digital tinggal ketik dan enter data, maka arsip sudah sampai di kantor kami," jelasnya.

Suwarto berharap, seluruh Organisasi Perangkat Daerah dapat membentuk unit kearsipan agar semua arsip khususnya arsip statis terkumpul di Lembaga Kearsipan Daerah.

"Kita akan kembali menyurati OPD untuk mengirimkan arsipnya ke perpustakaan terutama arsip statis. Jadi dengan adanya digital arsip ini kerja lebih mudah. Sangat rugi bagi OPD yang belum membentuk unit kearsipan," pungkasnya.***(YE)