BPS Kabupaten Bengkalis Gelar Publisitas Sensus Penduduk

BENGKALIS (RIAU), Suaralira.com -- Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bengkalis menggelar Publisitas Sensus Penduduk, sekaligus ulang tahun hari Statistik Nasional yang dilaksanakan pada tanggal 26 September setiap tahunnya. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (3/10/2019) sekira pukul 10.00 Wib, di halaman Kantor BPS Jalan Antara Bengkalis.
 
Dalam acara ini tampak hadir Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis Zul Asri, Sekcam Bengkalis Rafli Kurniawan, Sekretaris Pengadilan Agama Bengkalis Darsono, Kepala Lapas Bengkalis Maizar, Kepala Bidang Statistik Persandian Kominfotik Bengkalis Ediyarsyah dan Perwakilan Perbankan di Bengkalis.
 
Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Bengkalis Sukarwanto mengatakan Sensus Penduduk tahun 2020 merupakan agenda nasional dimana seluruh institusi baik swasta maupun pemerintahan wajib mendukung keberhasilan sensus penduduk yang memiliki tujuh tahapan.
 
“Sensus dimulai bulan Februari hingga Maret dan  dilaksanakan secara online dan mandiri. Diharapkan kepada perorangan untuk mendaftarkan dirinya, baik itu data diri sendiri maupun data keluarga,” kata Sukarwanto.
 
Sukarwanto menambahkan pada bulan Juli 2020 mendatang sensus penduduk dilaksanakan di masing-masing rumah warga  atau lebih dikenal dengan Sensus Penduduk SP 2020.
 
Lanjut Sukarwanto, sesuai UU nomor 16 tahun 1997 tentang Statistik bahwa Indonesia memiliki tiga agenda sensus yakni, setiap tahun yang berakhiran nol (0) Indonesia akan melaksanakan Sensus Penduduk, kemudian tahun yang berakhiran tiga (3) akan melaksanakan sensus pertanian, dan tahun yang memiliki akhiran enam (6) akan dilakukan sensus ekonomi.
 
“Hal ini dilaksanakan secara terus menerus sesuai dengan UU masih berlaku,” tuturnya.
 
Sukarwanto menghimbau kepada Masyarakat Kabupaten Bengkalis agar bersama-sama menyukseskan Sensus Penduduk 2020 yang merupakan program nasional ini yang merupakan program negara Republik Indonesia untuk menciptakan data yang valid untuk pembangunan kedepan.
 
Usai acara juga dilaksanakan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Kepala BPS Bengkalis yang langsung diserahkan kepada tamu yang hadir yakni, Sekcam Bengkalis, Kepala Lapas Bengkalis dan Perwakilan Perbankan, kemudian diakhiri dengan foto bersama di photobooth bersama tamu undangan.***(Eston/sl)