Bupati Sergai Hadiri Temu Aspirasi Pro-PAPA Produk Lokal

SERGAI (SUMUT), suaralira.com -- Bupati Sergai Ir H Soekirman hadiri Kegiatan Temu Aspirasi Gerakan Koperasi dan Pencanangan Program Pengembangan Usaha Mikro (Pro-PAPA) Produk Lokal dalam rangka menyambut Hari Jadi Koperasi Nasional yang ke-72, Kamis (3/10/2019) di Halaman Kantor Bupati, Sei Rampah, Sergai.
 
Bupati Sergai Ir H Soekirman mengatakan Koperasi bisa menjadi besar dan mendunia jika semua insan koperasi mampu berinovasi dan mereformasi total, memperbaiki bersama kelemahan dan memanfaatkan potensi yang ada secara maksimal.
 
“Jika koperasi maju dan besar sudah tentu pelaku usaha mikro yang ada di dalamnya juga ikut maju. Untuk bisa sampai disana, maka koperasi dan pelaku usaha mikro (UMKM) harus siap menghadapi era globalisasi dimana digitalisasi mewarnai kehidupan industri yang tentunya membawa imbas pada perilaku keseharian seluruh lapisan masyarakat."ujar Soekirman.
 
Lanjutnya, menyinggung kembali peringatan hari Koperasi Nasional tahun 2019 yakni “ Reformasi Total Koperasi di Era Industri 4.0 ”, yang mengangkat isu koperasi harus memiliki bekal dan sumber daya yang handal yang didasari tekad kuat untuk siap berubah dalam menyikapi tantangan kekinian.
 
Di era saat ini, bukan lagi hanya perencanaan yang dibutuhkan, namun juga inovasi dan ide kreatif untuk dikembangkan menjadi usaha produktif. Negara-negara yang telah sukses dalam penerapan prinsip koperasi seperti Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, bisa menjadi role model bagi penerapan kegiatan koperasi di Indonesia, terkhusus di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, apalagi banyak potensi yang masih mampu dikembangkan, misalnya bidang pariwisata.
 
Penggunaan produk lokal juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan UMKM daerah.
 
Soekirman mencontohkan seperti konsumsi beras organik hasil produksi petani lokal tentu akan berdampak langsung terhadap pelaku usaha mikro UMKM.
 
"Kita juga bersama dapat saling membantu untuk mempromosikan produk-produk unggulan lokal. Kita harus inisiatif membuat gerakan, karena kalau bukan kita siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi?” katanya dengan mantap. " imbuhnya.
 
Soekirman mengapresiasi Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sergai, yang telah melakukan inovasi dalam upaya pengembangan dan kemajuan seluruh UMKM melalui Strategi Pro-PAPA. Semua ini termakhtub dalam Peraturan Bupati Nomor 39 Tahun 2019 dan sekaligus di acara temu aspirasi ini juga dilakukan pencanangan strategi tersebut, tutup Soekirman.
 
Selanjutnya Dekopimda H Adam Nuh mengutarakan bahwa Koperasi yang telah berusia 72 tahun tentu mengalami berbagai macam perkembangan.
 
"Mengapa koperasi perlu dibangun? Karena dapat membangkitkan perekonomian rakyat. Oleh karenanya kita harus bisa memasyarakatkan koperasi tersebut." Kata Adam.
 
Adam membeberkan dalam temu aspirasi ini juga diadakan kegiatan promosi produk yang diikuti beberapa pelaku usaha mikro. Produk-produk yang dijajakan bisa dibeli langsung oleh para peserta yang menghadiri kegiatan.
 
Tampak hadir dalam acara  tersebut, Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya, Ketua TP-PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny Hj Rosmaidah Darma Wijaya, para Asisten, Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD, perwakilan Bank Sumut dan Bank Mandiri Sei Rampah, para pegiat koperasi, UMKM Sergai, kepala sekolah dan pemenang lomba cerdas tangkas terampil koperasi tingkat SMA sederajat 2019 serta para awak media. (Darman S/sl)