Harga cabai di empat Lawang merangsak naik

EMPAT LAWANG (SUMSEL), suaralira.com - Harga komoditi cabe dan bawang di Kabupaten Empat Lawang mengalami kenaikan sejak awal bulan Oktober hingga saat ini. Awalnya harga cabe merah berada berkisaran 25 ribu rupiah perkilogram dan sekarang mencapai 45 ribu rupiah.
 
Sementara untuk harga cabe rawit awalnya berkisaran 25 ribu rupiah, naik menjadi 35 ribu rupiah. Selain itu harga bawang putih juga mengalami kenaikan, semula bekisaran 30 ribu rupiah perkilogram naik menjadi 40 ribu rupiah perkilogramnya, ujar salah seorang pedagang sembako di Pasar Pulau Emas, Tebing Tinggi Meri Hermi kepada wartawan, Selasa (20/10).
 
Menurutnya, “harga cabe mulai naik sedikit demi sedikit dari awal bulan Oktober, kenaikan harga sudah mencapai 45 ribu rupiah perkilogramnya. Selain harga cabe, harga bawang merah juga ikut naik, dari harga semula 30 ribu rupiah perkilogram menjadi 40 ribu rupiah perkilogramnya."
 
Sementara itu, Faris (35) yang juga pedagang di Pasar Pulau Emas mengaku, kenaikan selama ini sudah mulai terjadi sejak berkurangnya jumlah pasokan cabe dan bawang.
 
“Harga cabe dan bawang semula naik dari 10 ribu rupiah hingga sampai 20 ribu rupiah perkilogram. Pemasokan untuk bahan pokok cabe dan bawang sangat la berkurang, kita biasa memasok bahan-bahan dari Curup dan Pagar Alam,” kata Faris.
 
Ditempat yang sama salah seorang warga Mutakin (35) mengaku bahwa, kenaikan harga cabe dan bawang sangat berpengaruh terhadap belanja rumah tangga.
 
“Akibatnya, bahan-bahan pokok banyak yang naik, maka pengeluaran harian harus sangat diatur agar cukup untuk kebutuhan,” jelasnya.
 
Ditempat terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag ) Kabupaten Empat Lawang, Al Mutholib melalui Kabid Perdagangan Yeni Novita membenarkan jika harga komoditi cabe dan bawang di Kabupaten Empat Lawang mengalami kenaikan.
 
“Bawang merah harga semula 24 ribu rupiah sampai 26 ribu rupiah 1 Kg, Cabe 38 ribu rupiah sampai 40 ribu rupiah 1 Kg. Sementara itu bawang putih 23 ribu rupiah sampai 24 ribu rupiah 1 Kg nya. Cabe yang naik signifikan, kalau bawang naik sedikit,” pungkasnya. (Arianto/ sl)