Bupati Aceh Tamiang, H Mursil SH M Kn saat menyerahkan Kartu Tani Bersubsidi kepada anggota kelompok Tani, berlangsung di Aula Setdakab Karang Baru, Aceh Tamiang, Kamis (04/02/2021). 
Wujud Nyata Upaya Pemerintah Membantu Petani

Poktan e-RDKK Terima Kartu Tani Pupuk Bersubsidi Dari Bupati Aceh Tamiang

ACEH TAMIANG (NAD), Suaralira.com -- Bupati Aceh Tamiang H Mursil SH M Kn menyerahkan 12.566 lembar Kartu Tani Pupuk Subsidi kepada para Kelompok Tani yang terdaftar didalam e-RDKK. 
 
"Penerbitan Kartu Tani Pupuk Bersubsidi merupakan wujud nyata upaya Pemerintah dalam membantu petani", kata Bupati H Mursil saat  penyerahan kartu tani tersebut, di Aula Setdakab Karang Baru, Kamis (04/02/2021). 
 
Menurut Bupati Aceh Tamiang, dengan adanya kartu tani, kesejahteraan akan lebih merata. Selain itu pemberian subsidi pupuk akan lebih tepat sasaran. 
 
Ada beberapa fungsi manfaat dari kartu tersebut lanjutnya, diantaranya bisa dijadikan sebagai tabungan dan dompet/e-wallet untuk belanja alokasi.
 
“Jadi para petani tidak diberi uang, melainkan bantuan langsung berupa kuota atau alokasi pupuk subsidi yang didapat petani pemegang kartu", ujar Mursil.
 
Sementara Terkait mekanisme penggunaan kartu tani tersebut yaitu, pemegang kartu datang ke kios yang telah ditunjuk oleh Pemerintah dan BNI. Kemudian menunjukkan kartu tani tersebut yang di dalam kartu tersebut telah tertera kuota/saldo atau berapa banyak pupuk yang bisa ditebus oleh petani. Selanjutnya petani tinggal mengambil pupuk subsidi sesuai kebutuhannya.
 
Sebelumnya terkait kegiatan itu, Kadis Pertanian, Perkebunan dan Perternakan M Yunus SP dalam Laporannya  menyampaikan bahwa semua penerima kartu tani merupakan anggota kelompok tani aktif yang telah terdaftar didalam e-RDKK yang meliputi NIK, Nama, Alamat, Luasan lahan usaha tani/kepemilikan ternak. 
 
Menurut informasi, ada 11 Poktan yang menerima, diwakili perwakilan masing-masing kecamatan, diantaranya Manyak Payed (Bijih Mata), Karang Baru (Tani Jaya), Sekerak (Mandiri), Seruway (Pelopor), Tamiang Hulu (Bina Usaha), tenggulun (Berani Maju), Kejuruan Muda(Meranti Jaya), Banda Mulia (dono Rejo Maju Jaya), Bandar Pusaka (Jemay), Rantau (Ingin Jaya), Bendahara (Subur Tani).
 
Pantauan media ini, terlihat hadir dalam penyerahan kartu tersebut diantaranya,  Perwakilan Kejaksaan Negeri Aceh Tamiang, Kadis Pertanian, Kepala BNI Syariah Kcp Kualasimpang, kepala BSI Kcp Kualasimpang, KTNA Aceh Tamiang, dan Badan Penyuluhan Aceh Tamiang. (Tarmizi Puteh/sl)