Kontingen Kabupaten Aceh Tamiang yang berhasil meraih Juara Umum, Audisi Gita Bahana Nusantara Tahun 2021 yang digelar Disbudparpora Povinsi Aceh, di Hotel Grand Aceh Syariah Banda Aceh. 

Kabupaten Aceh Tamiang, Berhasil Raih Juara Umum Audisi Gita Bahana Nusantara Provinsi Aceh

ACEH TAMIANG (NAD), Suaralira.com -- Kabupaten Aceh Tamiang berhasil meraih Juara Umum Audisi Gita Bahana Nusantara Tahun 2021 yang digelar Dinas Kebudayaan  Pariwisata Pemuda dan Olahraga Provinsi Aceh, di Hotel Grand Aceh Syariah Banda Aceh. 
 
Sebelumnya, perhelatan tersebut di gelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemuda Olahraga (Disbudparpora) Provinsi Aceh, dari tanggal 6 hingga 7 Juli 2021 dengan tujuan menyaring para peserta terbaik paduan suara untuk ditampilkan di Istana Negara pada Peringatan 17 Agustus atau HUT RI yang ke 76 mendatang di Jakarta. 
 
Dari pergelaran tersebut, kontingen Gita Suara Aceh Tamiang berhasil meraih juara umum di paduan suara Nasional atau Audisi Gita Bahana Nusantara yang di gelar Disbudparpora Provinsi Aceh. 
 
Ada 4 (empat) Kategori Suara yang diseleksi dan  di ikuti para peserta yaitu Sopran, Alto, Tenor dan Bass.
 
Salah seorang peserta dari kontingen Aceh Tamiang bernama Syahnas Farzia Dahni berhasil memperoleh Juara I kemudian di ikuti Dwi Fitri Rezki memperoleh Juara II dengan kategori Suara Sopran. 
 
Sementara untuk kategori Suara Alto, Ananda Kayla Zahara Putri Nasada berhasil meraih Juara II, di ikuti Ananda Puja Salsabilla Tami Br Tarigan berhasil meraih Juara III.
 
Sementara Juara II Kategori Suara Tenor berhasil diraih  Ananda Alfiqri Ramadhan bersama Ananda Yangkin Marpaung. Dan untuk kategori suara Bass berhasil diraih M Arya sebagai juara II dan III 
 
Kabid Dikjar Mukhlis MPd mengatakan, perhelatan Audisi Gita Bahana Nusantara ini sudah berlangsung sejak 2003.
 
"Audisi ini dilakukan untuk menyaring peserta paduan suara untuk tampil di Istana Negara pada Peringatan 17 Agustus", terang Muklis Jum'at (09/07/21)
 
Menurut dia, penyeleksian para peserta di awali Audisinya di Tingkat Provinsi Aceh. Selanjutnya, peserta yang berhasil meraih peringkat pertama akan melanjutkan Audisi ke tingkat Nasional yaitu bergabung dengan peserta lainnya se- Nusantara untuk menjadi Paduan Suara Nasional pada tanggal 25 Juli 2021 mendatang.
 
Kita berharap, kegiatan Audisi Paduan Suara Gita Bahana Nusantara menjadi ajang para pemuda untuk menunjukkan kemampuannya, dalam ajang seni suara yang menjadi bahagian paduan suara nasional di Istana Negara. Khusus untuk para pemuda Aceh Tamiang, tetaplah mempertahankan predikat sebagai Juara Umum dan tetap mengirimkan utusannya ke Istana Negara. Menjadi bahagian dari paduan Istana Negara merupakan impian para pemuda, "katanya. (Tarmizi Puteh/sl)