Dandim 0302/Inhu Instruksikan Koramil Jajaran Rutin Patroli Lokasi Rawan Karhutla

INDRAGIRI HULU, Suaralira.com -- Komandan Kodim 0302/Inhu Letkol CZI Eko Supri Setiawan SSos MHan serius tangani ancaman bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) diwilayah teritorialnya, yakni wilayah Kabupaten Kuantan Singingi dan Kabupaten Indragiri Hulu. Senin (13/09/2021).
 
Dandim meminta kepada seluruh Koramil jajaran, agar secara rutin melaksanakan patroli ke sejumlah titik rawan terjadinya Karhutla.
 
Letkol CZI Eko Supri Setiawan SSos MHan memerintahkan, agar seluruh jajarannya, dapat mengedepankan upaya pencegahan dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), salah satu caranya meningkatkan patroli dengan menyasar wilayah rawan munculnya titik api.
 
"Mencegah tidak sampai terjadinya karhutla tentu hal yang paling diharapkan, ketimbang menanggulangi lahan yang terlanjur terbakar," ungkap beliau.
 
Untuk itulah, Dandim menekankan pentingnya pendekatan dengan mensosialisasikan Kepada masyarakat, seperti kelompok petani dan pihak lainnya, agar menyadari tindakan membuka lahan dengan cara membakar, itu tidak dibenarkan dan ada sanksi hukum bagi pelakunya.
 
"Kita ingatkan kepada warga jangan membuang putung rokok secara sembarangan. Jika hendak dibuang agar dipastikan api sudah padam. Tentunya dengan pendekatan yang baik, maka masyarakat juga akan memahami dan menerima dengan baik," jelas Dandim.
 
Sebab, dandim menjelaskan, banyak kasus kebakaran hutan dan lahan akibat kelalaian atau ketidaksengajaan seseorang. Mereka dengan santainya membuang putung rokok ke semak - semak, entah itu saat mancing, cari kayu dan atau pengendara yang sedang melintas di lahan kosong. 
 
"Inilah pentingnya kita selalu mengingatkan kepada masyarakat, supaya dapat berhati - hati agar tidak terjadi Kebakaran. (pras/sl)