Partisipasi Mahasiswa Kukerta UNRI Pada Pekan Muharram 1444 di Desa Pongkai Istiqomah

Suaralira.com, Kampar (Riau) -- Muharam adalah bulan pertama dalam kalender hijriah yang dicetuskan pada masa khaifah umar bin khattab. Muharam berasal dari kata yang artinya diharamkan atau dipantang yatu dilarang melakukan peperangan atau pertumpahan darah.
 
Sejarah penting dibulan muharam yaitu Nabi Adam As di ciptakan, bertaubat, dan masuk surga. Nabi Musa as diselamatkan dari kejaran Firaun dan Firaun di tenggelamkan dilaut merah. Nabi Yunus as keluar dari perut ikan. Nabi Isa as dilahirkan dan diangkat ke langit.
 
Tahun baru Islam 2022 Tanggal 1 muharam 1444 jatuh pada hari sabtu 30 juli 2022. Dalam rangka menyambut tahun baru islam 1444 H, "Asma Ul Husna Putri menuturkan kepada Awak Media suaralira.com, Rabu (10/08/2022) dimana selaku Mahasiswa kukerta UNRI yang bekerjasama dengan Mahasiswa UIN SUSKA Riau juga Remaja Irmas dan Pemuda/i Desa Pongkai Istiqomah Tigabelas Kotokampar untuk menyambut bulan Muharam dengan cara melaksanakan pekan Muharam didesa Pongkai Istiqamah Kampar.
 
Putri biasa dipanggil menuturkan bahwa dengan mengadakan berbagai perlombaan yang diadakan dalam pekan muharam yakni :
 
Dimana Pada hari pertama dilakukan perlombaan untuk anak-anak yaitu pembacaan doa kedua orang tua, Murotal qur'an dan Tahfiz qur'an. 
 
Dihari kedua dilaksanakan perlombaan untuk ibu-ibu yaitu lomba pembacaan surat Al fatihah beserta artinya. 
 
Lalu pada hari ketiga diadakan lomba cerdas cermat yang diselenggarakan untuk umum. 
 
Di hari keempat tepatnya pada 10 Muharram pada pagi harinya seluruh ibu-ibu desa pongkai beserta mahasiswa Kukerta UNRI dan UIN bersama sama membuat bubur assyura.
 
Dan selanjutnya pada malam puncak 10 Muharram seluruh warga desa Pongkai Istiqomah dengan bersama sama mengikuti pawai menuju mesjid Nurul Istiqomah diiringi dengan api obor. 
 
Selanjutnya di Mesjid Nurul Istiqomah diadakan acara pembacaan dan pembagian hadiah kepada peserta pemenang lomba pekan muharram dilanjutkan dengan Shalat Isya berjamaah dan makan bubur Asyura bersama. 
 
Lalu ditutup dengan Ceramah yang di sampaikan oleh Ustadz Raja Dali Munte dengan tema 10 muharram.
 
Acara pekan muharam di Desa Pongkai Istiqomah Tigabelas Kotokampar Kabupaten Kampar Riau berlangsung cukup meriah.
 
Turut berpartisipasi dari semua panitia dan begitu antusiasme masyarakat Desa Pongkai dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa, "tutur Putri dan kami selaku Mahasiswa yang telah melaksanakan Kukerta UNRI DI Desa Pongkai mengucapkan terima kasih telah dibantu dalam berbagai kegiatan. 
 
Baik itu terima kasih kami kepada Perangkat Desa, Kepala Sekolah SD Negeri 018 Pongkai, Remaja Irmas dan Pemuda/i Desa Pongkai Istiqomah yang tidak bisa dibilang satu persatu. (Jheff/sl)