Satgas TMMD Ke-114 Kodim 0302/Inhu dan Pihak Puskesmas Berikan Penyuluhan Stunting

Suaralira.com, Inuman (Kuansing-Riau) -- Tidak Hanya  Sektor Fisik yang digenjot untuk percepatan pas nyelesaikan pekerjaan, akan tetapi Non Fisik Terus Digenjot contoh dengan Penyuluhan Stunting, Posyandu dan Posbindu PTM, Dengan tema TMMD Dedikasi terbaik membangun NKRI'', TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 114  Kodim 0302 /Inhu .
 
Satgas TMMD ke 114 Kodim 0302 /Inhu lakukan penyuluhan Stunting, Posyandu dan Posbindu PTM baru ini dilaksanakan di Aula kantor desa pasar Inuman Kec Inuman Kab Kuansing yang diikuti oleh Puluhan warga Desa dan mahasiswa. Kamis (11/08/22).
 
Kegiatan tersebut yang berkerjasama dengan Dinas Kesehatan Kab Kuansing melalui Puskesmas Inuman, penyuluhan ini dalam rangka untuk mengetahui pentingnya pemahaman tentang Stunting, Posyandu dan Posbindu PTM,” terang Buk mardina Bidan desa  selaku penyuluh/pemateri.
 
Saat dihubungi oleh suaralira.com Mardina menyampaikan bahwa Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu guna mengantisipasi dan pengendalian penyakit tidak menular ini, kemudian dikembangkan model Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) berbasis masyarakat melalui Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) PTM.” Ucapnya.
 
Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik.
 
Posbindu PTM lanjutnya bahwa ini untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Melalui Posbindu PTM, dapat sesegeranya dilakukan pencegahan faktor risiko PTM sehingga kejadian PTM di masyarakat dapat ditekan.sasaran utama adalah kelompok masyarakat sehat, berisiko dan penyandang PTM berusia 15 tahun ke atas.” Terangnya.
 
Lebih lanjut Mardina menyampaikan katanya lagi  bahwa kegiatan Posbindu PTM meliputi pemeriksaan deteksi dini faktor risiko dilakukan dengan wawancara terarah melalui penggunaan instrumen atau formulir untuk mengidentifikasi riwayat penyakit tidak menular dalam keluarga yang telah diderita sebelumnya, pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar perut, Indeks Massa Tubuh (IMT), analisa lemak tubuh, pemeriksaan tekanan darah serta penyuluhan, "paparnya. (P4as/sl)