Babinsa Pantau dan Cek Hewan Ternak Warga Guna Antisipasi Penyebaran PMK, Ini Penjelasannya

Suaralira.com, Rengat (Riau) -- Sebagai upaya untuk memastikan PMK terhadap hewan ternak di wilayah binaan, Babinsa Koramil 01/Rengat Peltu Erwinuddin, melaksanakan kegiatan pengecekan dan pemantauan hewan ternak milik warga di Kelurahan Kampung Dagang pada hari Sabtu (05/11/2022).
 
Kepada suaralira.com saat dijumpau dilapangan Peltu Erwinuddin mengatakan, sampai saat ini PMK masih menjadi hal yang sangat menakut kan bagi para peternak hewan seperti lembu, kerbau, kambing, domba, kuda, "katanya.
 
Untuk itu saya menghimbau kepada para peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan sekeliling nya, begitu juga saluran pembuangan kotoran dan sisa makanan, yang lebih penting lagi perlu nya pemberian vaksin dan pemberian vitamin, "ucapnya.
 
Upaya kita, katanya lagi untuk mengantisipasi tertular nya hewan peliharaan kita terhadap PMK yang sampai saat ini belum berakhir. Peternak perlu juga mengetahui apa itu PMK, "ujarnya.
 
Diterangkan bahwa PMK adalah penyakit hewan menular akut yang menyerang ternak sapi, kerbau, kambing, domba, kuda dan babi dengn tingkat penularan 90-100% akan sebabkan kerugian ekonomi sangat tinggi, "jelasnya.
 
Pada PMK ada virus Aphthovirus yang ada pada hewan ternak lanjut Babinsa mengajak mari sama-sama kita ikut andil dalam pemberantasan PMK dengan cara pertama untuk tidak melakukan jual beli hewan ternak untuk sementara ini dari luar kabupaten mau pun luar provinsi.
 
Selanjutnya apabila menemukan hewan ternak dengan gejala seperti mulut keluar lendir berlebih atau berbusa, ada luka seperti sariawan dilidah, guci, kuku kaki, mohon untuk dilaporkan ke puskeswan terdekat atau ke mantri hewan yang ada di kelurahan, "sarannya.
 
Para peternak mau peduli dan mau ikut apa yang di sampai kan,saya yakin hewan ternak kita akan terhidar dari PMK, kita semua juga berharap semoga PMK ini cepat berakhir sehingga para peternak tidak di bayang- bayangi lagi dengan virus ini, sehingga perekonomian peternak bisa normal kembali.
 
Lebih lanjut disampaikan juga oleh Nepi Peternak yang ada di kelurahan Kampung Dagang,saya mengucap kan terima kasih kepada pihak TNI terutama Babinsa yang memberikan arahan dan masukan yang sangat berarti bagi kami para peternak,yang sudah di arahkan kepada saya,akan saya sampai kan kepada peternak yang lain sehingga kita bisa memutus penyebaran PMK ini, "ucapnya. (P4as/sl)