Jemput Aspirasi Masyarakat Harapan Jaya, Robin Hutagalung Merasa Tersanjung dan Bangga

Suaralira.com, Pekanbaru -- Masa persidangan III (September - Desember ) tahun 2022, masa jabatan 2019-2024, di jalan Harapan Jaya kelurahan Bencah Lesung kecamatan Tenaya Raya kota Pekanbaru Riau, Robin Hutagalung serap aspirasi masyarakat, kamis (18/11/2022)
 
Kunci penting keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan daerah ditentukan antara lain oleh kemampuan Pemerintah Daerah DPRD dalam menjalankan tugas dan kewenangannya, hubungan yang sinergis di antara keduanya, hubungan pusat dan daerah, serta hubungan antar daerah yang konstruktif.
 
Kemampuan pemerintah daerah dalam menjalankan tugas dan kewenangannya memiliki makna yang antara lain ditandai dengan kemampuannya melakukan pengelolaan Pemerintah Daerah secara profesional dan handal, serta memiliki daya inovasi dan kreasi yang tinggi di dalam meningkatkan kualitas manajemen pemerintahan.
 
Kemampuan DPRD dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Perda dan peraturan perundang-undangan lainnya, Peraturan Kepala Daerah, APBD, kebijakan pemerintah daerah dalam melaksanakan program pembangunan daerah, akan sangat menentukan keberhasilan Pemerintah Daerah dalam menjalankan tugas-tugas pembangunannya sesuai aturan hukum dan koridor kebijakan yang telah disepakati bersama. 
 
Untuk itulah pentingnya pelaksanaan reses yang merupakan kewajiban bagi pimpinan dan anggota DPRD dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat secara berkala untuk bertemu konstituen pada Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing guna meningkatkan kualitas, produktivitas, dan kinerja DPRD dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat.
 
Serta guna mewujudkan peran DPRD dalam mengembangkan check and balances antara DPRD dan pemerintah daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan tentang lembaga legislatif dan fungsi kegiatan yang dilakukannya dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat dan melihat bagaimana anggota dewan tersebut melakukan masa resesnya. 
 
Hal senada yang dilakukan Robin Hutagalung, saat reses kali ini di Harapan Jaya. Dihadiri oleh ketua RW dan ketua RT, tokoh masyarakat, serta dominan emak-emak sahabat Robin Hutagalung, memadati acara reses masa sidang ke III ( September- Desember ) 2022, masa jabatan 2019-2024.
 
Dalam sambutannya Robin Hutagalung menyampaikan ia sangat tersanjung dengan kehadiran tamu undangan yang kebanyakan 'emak- emak' serta lengkap dihadiri ketua RW dan ketua RT.
 
"Tak luput ia juga menghaturkan ribuan terimakasih atas antusias masyarakat yang hadir. Bahkan diakuinya, dengan kehadiran masyarakat kali ini mengingatkan ia pada waktu ikut caleg tahun 2004.
 
Diakuinya, kala itu Harapan Jaya adalah salah satu basis utamanya terbesar saat itu, hingga menghantarkannya menjadi anggota DPRD Riau tahun 2004-2009.
 
"Dari giat reses di Harapan Jaya, beberapa keluhan warga mengajukan dua tempat semenisasi yang akan diajukan ketua RW dan RT kedepannya. Yang menjadi skala prioritasnya saat ini terkait pengajuan gereja GPdI Mawar Sharon, gembala sidang Pendeta Setyo Wiyono, yang mengajukan  sebelumnya di bulan Oktober 2022 langsung hearing ke kantor DPRD Riau dan diterima oleh Robin Hutagalung, Ade Hartati serta beberapa anggota DPRD Riau yang tergabung di komisi V.
 
Selain telah menerima kehadiran utusan jemaat GPdI Mawar Sharon di bulan Oktober, dalam giat reses kali ini Robin Hutagalung bersama ibu Ade Hartati meninjau langsung gedung gereja GPdI yang saat ini tahap pembangunan yang butuh perhatian Pemerintah dan DPRD.
 
Diakuinya dalam giat reses kali ini, Robin Hutagalung sangat tersanjung atas kehadiran ibu Ade Hartati, meskipun berbeda partai namun suport dan motivasi yang diberikan ibu Ade Hartati sangat luar biasa. Tak luput ia memberikan rasa hormat dan terimakasih atas kehadiran mitra kerjanya di komisi V.
 
Diakhir penyampaiannya dalam giat reses saat ini, "semua yang menjadi permohonan masyarakat akan dibahas kelak di masa sidang DPDR Riau mendatang," ucapnya.
 
Turut hadir dalam reses kali ini, beberapa nama bakal calon anggota DPRD kota Pekanbaru dari dapil kecamatan Tenayan Raya dan kecamatan Kulim serta satu nama bakal calon anggota DPD RI. Turut hadir meramaikan giat reses kali ini beberapa pengurus PAC PDIP Tenayan Raya dan pengurus Ranting PDIP.
 
Tak luput ibu Ade Hartati menyampaikan sepatah dua kata atas kehadiran mengikuti reses sahabatnya tersebut "selain memberikan rasa salut atas kegiatan teman satu komisinya, ada hal yang menjadi tanggungjawab beban moril baginya saat ini, yaitu ia ingin melihat langsung seperti apa kondisi pembangunan gereja GPdI Mawar Sharon yang mengajukan bantuan dan perhatian pemerintah serta DPRD Riau di bulan Oktober silam.
 
Usai memberikan sambutan yang begitu luar biasa Ade Hartati juga mengundang seluruh masyarakat yang hadir untuk dapat hadir pada acara resepsi pernikahan anak putrinya  yang direncanakan pada tanggal 7 Januari 2023 mendatang, bahkan Ade Hartati rindu agar di pesta pernikahan anaknya nanti 15 orang emak-emak menyumbangkan lagu Batak yang berjudul 'Anakon Ki do hamoraon diau' (anakku harta yang berharga bagiku) red terjemahan bahasa Indonesia. (Zha/St/sl)