Pantau PMK Pada Hewan Babinsa Koramil 01/Rengat Lakukan Pengecekan, Ini Penjelasannya

Suaralira.com, Rengat (Riau) -- Pemerintah tengah gencar memberantas adanya wabah virus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang tersebar di berbagai daerah. Penyakit menular yang rentan menyerang pada hewan seperti halnya Kambing Untuk mengantisipasi penularan penyakit mulut dan kaki (PMK) diwilayah binaan, Babinsa Koramil 01/Rengat, Sertu Rahmansyah  melaksanakan pendampingan pengecekan PMK pada hewan ternak jenis kambing, Minggu (20/11/2022).
 
Upaya tersebut dengan melakukan kegiatan pengecekan hewan tersebut  dilaksanakan di kandang Kambing milik Pak maman di desa Alang kepayang kecamatan rengat barat.
 
"Kegiatan pengecekan  PMK yang dilakukan di desa tersebut menyasar pada hewan Kambing milik warga Danramil 01/Rengat kapten inf ardiyasman di lapangan juga menghimbau bahwa penyakit ini sangat berbahaya dan mudah sekali menular melalui kontak langsung antara hewan yang tertular dengan hewan lainya melalui leleran lendir hidung, dan serpihan kulit. "Ucapnya.
 
“Kepada warga masyarakat yang memiliki ternak Kambing untuk rutin membersihkan lingkungan kandangnya, dan apabila ditemui ada hewan ternak bergejala PMK, segera laporkan, sehingga dapat segera ditangani guna mencegah penularan PMK terhadap hewan lain, ”ucap Ardiyasman 
 
"Dijelaskanya bahwa pencegahan penularan PMK ini dapat dilakukan dengan cara mencuci kandang, peralatan, kendaraan, dan bahan-bahan lain yang memungkinkan bisa menularkan PMK dengan deterjen atau disinfektan.
 
Selain itu pencegahan penularan PMK, Babinsa juga tak lupa menghimbau warga yang belum divaksin terutama vaksin booster, agar segera melaksanakan vaksin. "Pintanya. (P4as/sl)