Babinsa Sampaikan Gejala PMK pada Warga Binaan Yang Punya Ternak Sapi

Suaralira.com, Rengat (Riau) -- Agar wabah yang menyerang ternak petani tidak meluas sekitar Pukul. 11.00 Wib, Babinsa Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu Serka Surwaidi melaksanakan pengecekkan kondisi hewan ternak sapi untuk antisipasi wabah PMK terhadap sapi di wilayah Desa Binaan. Selasa (14/2/2023). 
 
Babinsa yang sehari hari ada di Desa binaan menemui  warga yang memiliki hewan ternak Sapi yang ada di Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat-Riau guna memastikan kondisi sapi warga tidak ada yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang mana akhir-akhir ini menyerang sebagian ternak sapi warga desa tetangga.
 
Disampaukan kepada pemilik hewan ternak sapi tersebut bahwa PMK sendiri merupakan penyakit hewan yang disebabkan oleh Apthovirus. Umumnya, penyakit ini menyerang hewan berkuku genap atau belah seperti sapi, kerbau, kambing, domba, babi, dan beberapa jenis hewan liar seperti jerapah. 
 
Secara umum, PMK juga menimbulkan beberapa gejala klinis yang sama.di antaranya Kepincangan, air liur berlebih atau berbusa, pembengkakan kelenjar submandibular, lepuh di sekitar mulut, lidah, gusi, nostril, kulit sekitar teracak, dan puting, hewan terlihat lemah, sering berbaring, demam hingga 41 derajat Celcius, "paparnya.
 
Untuk itu Babinsa Serka Surwaidi mengingatkan ke pada para warga pemilik hewan ternak apa bila di dapati gejala tersebut seperti yang di spailan di atas, segera menghubungi Dokter hewan ataupun Babinsa guna dilakukan pengecekkan lebih lanjut pada kesempatan pertama, "pesan Babinsa. (P4as/sl)