Menjelang Idul Adha, Pj Bupati Kampar Tinjau Kondisi Hewan Qurban Untuk Penyuplay

Bangkinang, Suaralira.com -- Pejabat Bupati Kampar H Muhammad Firdaus SE MM, meninjau Kondisi Hewan Qurban Untuk Penyuplay Hari Raya Idul Adha dengan Jumlah 200 Ekor Kerbau di Melurahan Langgi Kecamatan Bangkinang Kota, Senin (26/6) yang juga dihadiri oleh OPD terkait. 
 
Dalam keterangannya, Pj Bupati Kampar mengatakan bahwa peninjauan hewan qurban ini guna melakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa hewan kerbau ini  memenuhi syarat-syarat agama dan kesehatan sebagaimana yang telah ditetapkan. 
 
"Kesehatan fisik hewan yang akan dikurbankan harus dalam keadaan sehat dan tidak mengalami penyakit yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Hewan yang memiliki cacat fisik atau menderita penyakit tertentu biasanya tidak diperbolehkan sebagai hewan qurban" jelas Firdaus.
 
Ditambahkan Firdaus, hewan qurban harus memiliki kualitas yang baik, seperti berat badan yang mencukupi dan memiliki kondisi tubuh yang baik, hewan yang terlalu kurus atau memiliki masalah kesehatan yang signifikan mungkin tidak diterima sebagai hewan qurban.
 
Dokter hewan dapat dilibatkan untuk melakukan pemeriksaan lebih mendalam terhadap hewan qurban. Pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan fisik secara menyeluruh, pemeriksaan laboratorium, dan pemeriksaan kesehatan lainnya.(prot-dokpim/Fa/sl)