Meski Idul Adha Sudah Terlaksana Tahun ini, Babinsa Tetap Ingatkan Peternak Akan Bahaya PMK

Suaralira.com, Rengat -- Babinsa Koramil 01/Rengat Sertu Togu JN melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) serta pantau Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi milik Sahroni di Desa Rawa Sekip Kecamatan Kuala Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu-Riau pada hari sabtu. (01/07/2023).
 
Sertu Togu JN kepada duaralira. Com mengatakan "Pendampingan dan pemantauan kesehatan yang kami lakukan, bertujuan untuk mengingatkan kepada peternak serta mengetahui kesehatan hewan ternak itu sendiri," Katanya
 
Terrmasuk sebagai langkah dalam pengawasan terhadap hewan ternak khususnya hewan sapi, dari ancaman wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)".
 
Walaupun Hari Raya Idul Adha sudah terlaksana dengan aman, Sertu Togu JN tetap lakukan pemantau ke kandang sapi milik warga desa binaan, agar bisa melihat langsung baik kebersihan kandang serta makanan yang akan di konsumsi ternak itu sendiri.
 
Meskipun pada saat ini sudah sangat kecil kemungkinannya, diharapkan para peternak tidak lengah dan tetap waspada terhadap bahaya PMK yang sewaktu-waktu bisa muncul kembali.
 
Sertu Togu JN memberikan arahan dan saran kepada bapak Sahroni agar tidak takut melaporkan ke petugas Kesehatan Hewan, jika didapati pada hewan ternak sapi-nya dengan ciri-ciri yang mengarah pada PMK.
 
Inilah bentuk dukungan Babinsa kepada peternak sapi guna meningkatkan hasil produksi daging lokal khususnya di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu."terangnya(Pr4as/sl)